Bolaindonesia

Ketum PSSI: 4 Pemain Keturunan Belum Bisa Dipastikan Bela Timnas Indonesia

PSSI mengungkap empat pemain keturunan rekomendasi Shin Tae-yong.

Husna Rahmayunita

Komjen Pol M. Iriawan saat ditemui di acara diskusi 'Ngobrol Bareng Bang Iwan Bule' bersama voter PSSI di kawasan Jakarta. (Suara.com/Adie Prasetyo)
Komjen Pol M. Iriawan saat ditemui di acara diskusi 'Ngobrol Bareng Bang Iwan Bule' bersama voter PSSI di kawasan Jakarta. (Suara.com/Adie Prasetyo)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengajukan empat pemain keturunan untuk memperkuat skuad Garuda. Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan mengungkap nama-nama pemain tersebut.

Sebelumnya, dua nama yang bocor yakni Jordi Amat (WN Spanyol) dan Sandy Walsh (WN Belanda). Iriawan pun mengonfirmasi jika dua nama pemain keturunan lain yakni Kevin Diks dan Mess Hilgers yang sama-sama WN Belanda.

Hingga saat ini, kata Iriawan, PSSI Masih memproses pengajuan Shin Tae-yong. Pengkajian lebih lanjut akan dilakukan.

"Empat nama itu sudah diajukan. Namun, saya tidak bisa memastikan apakah mereka nantinya bisa memperkuat timnas Indonesia atau tidak. Kami harus melakukan pengkajian, melihat regulasi dan lain-lain," kata Iriawan.

Selain itu, PSSI juga akanmemastikan kesediaan sang pemain untuk memperkuat skuad Garuda. Belum lagi soal penelusuran garis keturunan yang dapat menjadi penentu diperkenankan tidaknya sang pemain untuk memperkuat tim nasional Indonesia.

"PSSI pasti akan mengumumkan lebih lanjut jika ada perkembangan terkait hal tersebut," sambungnya.

Sementara terkait posisi semua pemain di atas yang merupakan bek, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan bhal tersebut sesuai permintaan Shin yang fokus membenahi kualitas pertahanan timnas.

"Shin membutuhkan pemain yang dapat menghalau bola mati dan tinggi badan cukup penting untuk itu," tutur Iriawan.

Dari empat pemain yang dilirik Shin Tae-yong, Jordi Amat tercatat sebagai yang tertua dengan usia 29 tahun. Jordi, seorang bek tengah bertinggi badan 1,84 meter, saat ini bermain di Liga Belgia bersama klub KAS Eupen.

Sementara Sandy Walsh adalah bek kanan setinggi 1,85 meter berumur 26 tahun yang juga merumput di Liga Belgia, tetapi untuk klub KV Mechelen.

Kemudian Kevin Diks, seorang bek kanan FC Copenhagen di Liga Denmark. Berusia 25 tahun, Kevin bertinggi badan 1,82 meter.

Terakhir, Mees Hilgers, masih berumur 20 tahun dan kini membela FC Twente di Liga Belanda. Mees biasa mengisi sektor bek tengah.

Saat ini Timnas Indonesia sendiri masih berada di Turki untuk menjalani persiapan Piala AFF 2020. Di Turki, skuad "Garuda" akan menghadapi dua laga uji coba kontra Afghanistan, Selasa (16/11) dan Myanmar, Kamis (25/11).

(Antara)

Berita Terkait

Berita Terkini