Bolaindonesia

Fakta Seputar Timnas Kamboja, Lawan Indonesia di Grup B Piala AFF 2020

Timnas Kamboja sendiri tergabung di Grup B yang berisi tim-tim kuat di Asia Tenggara.

Husna Rahmayunita

Pemain depan Timnas Kamboja Keo Sokpheng (kiri) merayakan golnya. (AFP/Ted ALJIBE)
Pemain depan Timnas Kamboja Keo Sokpheng (kiri) merayakan golnya. (AFP/Ted ALJIBE)

Bolatimes.com - Piala AFF 2020 tidak lama lagi akan bergulir. Timnas Kamboja menjadi salah satu peserta dari ajang sepak bola terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Timnas Kamboja sendiri tergabung di Grup B yang berisi tim-tim kuat di Asia Tenggara seperti Vietnam, Malaysia, Indonesia, dan Laos.

Laga perdana Kamboja akan berlangsung pada 6 Desember 2021 melawan Malaysia. Sementara laga melawan Indonesia bakal tersaji pada 9 Desember.

Dalam sejarah kompetisi di Asia Tenggara, Kamboja dinilai tak mau ke dalam daftar negara dengan kekuatan kuat. Namun, bukan berarti tim berjuluk Angkor Warriors itu bisa diremehkan. Berikut fakta seputar Timnas Kamboja.

Profil Timnas Kamboja

Sepak bola di Kamboja mulai hidup setelah masa kolonial Prancis berakhir pada 1954 dan terdaftar sebagai anggota FIFA di tahun tersebut.

Pertandingan internasional pertama Kamboja langsung tersaji tak lama setelah itu. Kamboja yang menghadapi Malaysia menelan kekalahan 2-9.

Meski sudah bisa mentas di laga internasional, Kamboja masih banyak melakukan pembenahan pada sepak bola mereka. Baru di tahun 1972 Kamboja akhirnya mengikuti turnamen pertamanya di Kualifikasi Piala Asia.

Kamboja secara mengejutkan mampu lolos ke putaran final Piala Asia 1972. Kamboja lagi-lagi bikin kejutan dengan lolos ke semifinal, namun langkah mereka terhenti usai dikalahkan Iran.

Langkah pertama Kamboja di turnamen pertama mereka saat itu sekaligus menjadi prestasi terbaik Kamboja sepanjang sejarah tim nasional mereka. Bahkan, sepak bola Kamboja sempat terhenti karena perang.

Setelah dua dekade tanpa ikut turnamen, Timnas Kamboja baru kembali bertanding pada 1993. Kemudian mereka berkompetisi di Tiger Cup (sekarang Piala AFF) pada 1996.

Meski begitu, Kamboja belum bisa lagi mengulang prestasi luar biasa mereka di Piala Asia 1972. Kamboja kini dianggap sebagai tim lemah dan kerap jadi lumbung gol tim-tim kuat di ASEAN maupun Asia.

Untuk memajukan lagi sepak bola mereka, Kamboja sempat merekrut pelatih-pelatih kelas atas. Sejak lepas dari masa kolonial Prancis, Kamboja telah merekrut setidaknya 16 pelatih.

Sementara untuk pelatih di Piala AFF 2020, Timnas Kamboja ditukangi oleh pelatih asal Jepang,  Ryu Hirose, yang menggantikan Felix Dalmas.

Ryu Hirose memanggil setidaknya 36 pemain yang akan dibagi dalam dua tim guna mengikuti Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Guam dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 melawan Jepang dan Hong Kong.

Diyakini, komposisi pemain muda dan pemain senior akan digunakan Kamboja saat menghadapi Piala AFF 2020 mendatang.

Perkiraan daftar pemain Kamboja di Piala AFF 2020.

Kiper: Keo Soksela, Hul Kimhuy
Bek: Soeuy Visal, Cheng Meng, Sath Rosib, Sareth Kyra, Tes Sambath, Seut Baraing, Sor Rotana, Yue Safy
Gelandang: Orn Chanpolin, Sokumpheak Kouch, Chreng Polroth, Dani Kouch, Sos Suhana, Min Ratanak, Lim Pisoth, Thierry Bin.
Penyerang: Prak Mony Udom, Keo Sokpheng, Chan Vathanaka, Sieng Chanthea, Reung Bunheing.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini