Bolaindonesia

Breaking News! Brunei Darussalam Mundur dari Piala AFF 2020

Timor Leste akan lolos ke fase grup secara otomatis karena penguduran negara yang diperkuat pemain Liga Portugal tersebut

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Brunei Darussalam ini disebut sebagai pemain terkaya mengalahkan Ronaldo dan Messi. [@fjefrib / Instagram]
Pemain Timnas Brunei Darussalam ini disebut sebagai pemain terkaya mengalahkan Ronaldo dan Messi. [@fjefrib / Instagram]

Bolatimes.com - Brunei Darussalam dipastikan mundur dari ajang Piala AFF 2020. Hal ini disampaikan secara resmi oleh Federasi Sepak Bola Brunei (FABD).

Presiden FABD, Pengiran Haji Matusin Bin Pengiran Haji Matasan, mengaku bahwa dirinya sedih karena Brunei tak bisa tampil di ajang sepak bola se-Asia Tenggara tersebut.

Akan tetapi, keputusan ini harus diambil karena komplikasi pandemi Covid-19 yang masih melanda Brunei Darussalam.

"Kami kecewa karena Tim Nasional kami tak bisa bersaing di Babak Kualifikasi Piala AFF yang berlangsung di Singapura," kata Matusin Matasan dikutip dari AFF.

"Sayangnya pandemi memiliki efek luas pada persiapan tim untuk turnamen,sementara semua upaya sudah kami lakukan untuk mengatasi kesulitan," lanjutnya.

Matusin Matasan di lain sisi berharap gelaran Piala AFF bisa berlangsung dengan lancar. Dia pun menjelaskan harapannya agar Timnas Brunei bisa ikut berpartisipasi di Piala AFF edisi selanjutnya.

"Kami berharap AFF sukses untuk turnamen yang akan datang dan berharap dapat mengikuti kompetisi sekali lagi di edisi berikutnya," pungkasnya.

Brunei sendiri awalnya dijadwalkan mengikuti babak Kualifikasi Piala AFF 2020 melawan Timor Leste pada 1 Desember mendatang di Singapura.

Namun setelah Brunei mengundurkan diri, Timor Leste dipastikan lolos dan tergabung di Grup A bersama Thailand, Singapura, Myanmar, dan Filipina.

Presiden AFF, Khiev Sameth, lantas memberi tanggapan atas mundurnya Brunei Darussalam dari Piala AFF 2020.

Dia mengaku sedih dengan mundurnya Brunei, namun di lain sisi Sameth sangat memahami alasan yang menjadi faktor mundurnya Brunei.

"Kami tahu bahwa kawasan ASEAN mengalami pukulan keras oleh pandemi dan semua berusaha untuk mengatasi tantangan dengan berbagai cara. Kami akan merindukan melihat Timnas Brunei beraksi tahun ini," jelasnya.

Adapun, Timnas Indonesia sudah melakukan persiapan untuk mengikuti Piala AFF dengan menjalani pemusatan latihan di Jakarta dan Turki.

Skuat besutan Shin Tae-yong dijadwalkan langsung bertolak ke Singapura dari Turki pada 3 Desember dan menjalani laga pembuka Piala AFF 2020 pada 9 Desember melawan Kamboja.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini