Bolaindonesia

Shin Tae-yong Ajukan Pemain Keturunan Lain, tapi Belum Direspons PSSI

Shin Tae-yong ingin beberapa pemain keturunan lain memperkuat skuatnya

Irwan Febri Rialdi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. Bongda.vn)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui dirinya menginginkan beberapa pemain keturunan Indonesia yang merumput di luar negeri untuk memperkuat skuat Garuda.

Namun, setelah memimpin latihan timnas di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (9/11/2021) malam, Shin mengatakan bahwa keinginannya itu belum terwujud lantaran PSSI belum memprosesnya.

"Jadi memang sangat disayangkan," kata juru taktik asal Korea Selatan itu seperti dimuat Antara.

Meski demikian, Shin menyebut bahwa dirinya terus berkomunikasi dengan PSSI terkait hal tersebut.

Satu hal yang pasti, pemain yang diincar adalah mereka yang memiliki ikatan darah dengan orang Indonesia.

"Statusnya bukan naturalisasi karena memiliki darah Indonesia. Pemain seperti itu pasti bisa memperkuat tim nasional. Namun kami harus berbicara dahulu dengan PSSI," tutur Shin.

Dalam kesempatan yang sama, Shin Tae-yong menanggapi kabar soal keinginan pesepak bola berpaspor Spanyol, Jordi Amat untuk membela timnas Indonesia.

Jordi, yang berposisi bek tengah dan kini memperkuat klub Belgia, KAS Eupen, mengeklaim bahwa dirinya berdarah Indonesia, tepatnya Sulawesi Utara, dari orang tua ibunya.

"Untuk Jordi ini, saya baru pertama kali mendengarnya," kata Shin.

Di timnas terkini, yang disiapkan untuk Piala AFF 2020, ada satu pemain keturunan Indonesia dari luar negeri yakni Elkann Baggott. Elkan, yang merumput di klub Inggris, Ipswich Town, beribu orang Indonesia sementara ayahnya berdarah Inggris.

Bek tengah berusia 19 tahun itu mendapatkan KTP perdananya sebagai warga negara Indonesia pada Selasa (9/11/2021).

Elkan bersama rekan-rekannya di timnas Indonesia tengah menjalani persiapan menuju Piala AFF 2020 yang dimulai Desember 2021. Pemusatan latihan (TC) berlangsung di Jakarta dan Turki.

Di Turki, selain berlatih, timnas Indonesia juga akan menunaikan pertandingan persahabatan internasional FIFA kontra Afghanistan, Selasa (16/11), dan Myanmar, Kamis (25/11).

Sementara itu di Piala AFF 2020, Indonesia yang bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos, akan menjalani laga perdananya pada 9 Desember 2021 kontra Kamboja.

Berikutnya Indonesia menghadapi Laos pada 12 Desember 2021, Vietnam tiga hari kemudian dan Malaysia pada Minggu 19 Desember 2021.

Semua pertandingan timnas Indonesia dilaksanakan di Stadion Bishan, Singapura. Piala AFF 2020 memang digelar secara terpusat lantaran pandemi COVID-19.

Berita Terkait

Berita Terkini