Bolaindonesia

Profil Edo Febriansyah, Bek Persita Calon Pesaing Pratama Arhan di Timnas

Edo Febriansyah menjadi pemain debutan di Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi pemain Persita Tangerang, Edo Febriansyah usai bobol gawang Arema FC. (Instagram/persita.official)
Selebrasi pemain Persita Tangerang, Edo Febriansyah usai bobol gawang Arema FC. (Instagram/persita.official)

Bolatimes.com - Edo Febriansyah menjadi salah satu nama debutan yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta dan Turki.

Satu debutan lain yang dipanggil oleh Shin adalah kiper Tira Persikabo, Syahrul Fadillah. Untuk Edo sendiri, pemanggilan ini merupakan ganjaran atas penampilan apiknya di lini belakang Persita Tangerang.

Berkat tangguhnya penampilannya sebagai palang pintu Persita, klub berjuluk 'Pendekar Cisadane' tersebut mampu berada di posisi kedelapan klasemen Liga 1 2021/2022.

Di Timnas Indonesia, dia akan menjadi pesaing Pratama Arhan di pos kiri pertahan skuat Garuda yang belakang ini dikuasai pemain asal PSIS Semarang tersebut.

Berikut ulasan ringkas profil Edo Febriansyah.

Profil Edo Febriansyah

Sosok dengan nama lengkap Mohammad Edo Febriansyah ini lahir di Kediri, Jawa Timur, pada 25 Juli 1997.

Perjalanan karier Edo dimulai dengan mengikuti SSB di Kediri, kampung halamannya. Dia bergabung dengan SSB tersebut dari kelas V SD hingga selesai SMP.

Edo memutuskan merantau saat SMA dengan bersekolah di Semarang. Dia kemudian melanjutkannya dengan berkuliah di Jakarta dan masuk ke PPLM (Pusat Pendidikan dan Latihan Mahasiswa).

Kemampuannya sudah menonjol sejak usia remaja, dia menjadi salah satu pemain pelajar yang lolos seleksi Timnas U-19 Indonesia pada 2016.

Alhasil, setelah lolos seleksi itu, Edo bisa memulai karier profesionalnya dengan bergabung bersama PS Bengkulu di Liga 2 pada 2017.

Memasuki musim 2018, Edo direkrut oleh Persiwa Wamena dan tampil 20 kali di Liga 2. Penampilan apiknya di sana membuat klub kampung halamannya, Persik Kediri merekrutnya di musim 2019.

Menjadi sangat vital peran Edo Febriansyah di lini belakang Persik musim itu, dia mampu membawa Persik menjadi kampiun Liga 2 2019.

Setelah sukses membawa Persik juara Liga 2 dan promosi ke Liga 1, Edo memutuskan pindah ke Persita Tangerang di musim 2020/21 dan berlaga di Liga 1.

Setelah hanya bermain 3 kali karena Liga 1 2020 keburu terhenti lantaran pandemi, Edo menunjukkan kualitasnya bersama Persita di Liga 1 2021/22.

Total Edo Febriansyah sudah bermain 10 kali di Liga 1 2021/2022 dan mampu mencetak 2 gol. Kualitasnya pun diakui dan mendapat pujian dari sang pelatih, Widodo C Putro.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini