Bolaindonesia

Sesuai Aturan, Persikabo Tak Merasa Bersalah atas Tudingan Alex Goncalves

Alex Dos Santos belum lama ini mengeluh soal gajinya di Persikabo yang bermasalah. Gara-gara itu, dirinya tak bisa menyekolahkan anak

Irwan Febri Rialdi

Alex Goncalves saat berseragam Persikabo. (Instagram/pafamily1990)
Alex Goncalves saat berseragam Persikabo. (Instagram/pafamily1990)

Bolatimes.com - Tira Persikabo buka suara soal tudingan mantan striker asingnya, yakni Alex  Dos Santos Goncalves. Klub bersebut tidak merasa bersalah karena sudah melakukan hal sesuai aturan PSSI terkait gaji.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, manajemen Tira Persikabo menyebut bahwa semua yang terkait penyesuaian penghasilan saat pandemi COVID-19 mengacu kepada keputusan PSSI.

"Semua pemain, termasuk Alex Dos Santos, menyatakan menerima dan sepakat atas pemotongan gaji itu," tulis pihak manajemen klub.

Menurut Tira Persikabo, setidak-tidaknya ada tiga surat keputusan PSSI soal gaji pemain saat pandemi COVID-19 yang sudah mereka jalankan yaitu, pertama, Surat Keputusan Nomor SKEP/48/III/2020 tentang Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020 dalam Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Virus COVID-19.

Di dalam surat itu tertulis, "pemberian gaji bulan Maret, April, Mei dan Juni 2020 maksimal 25 persen dari kontrak kerja".

Kedua, Surat Keputusan PSSI Nomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020.

"Apabila kompetisi efektif dimulai, klub Liga 1 dan Liga 2 dapat melakukan kesepakatan ulang atas perubahan nilai kontrak pada perjanjian kerja yang telah disepakati sebelumnya, yaitu perubahan nilai kontrak Liga 1 dengan kisaran 50 persen".

Terakhir, Surat Keputusan Nomor SKEP/69/XI/2020 tentang Penundaan Seluruh Kompetisi Tahun 2020.

Manajemen Tira Persikabo pun menegaskan akan melakukan mediasi dan mengedapankan musyawarah untuk menuntaskan sengketa dengan Alex Dos Santos.

Akan tetapi, manajemen klub berjuluk "Laskar Padjajaran" itu juga menyayangkan sikap Alex Dos Santos yang melaporkan mereka ke Badan Sengketa FIFA melalui sang pengacara, Pedro Macierinha.

Selain itu, mereka juga kecewa pemain asal Brazil itu mengunggah konten di media sosial soal masalah gajinya.

"Seolah-olah manajeman Persikabo tidak memperhatikan kesejahteraan pemain dan menimbulkan opini negatif dari masyarakat Indonesia," tulis manajemen Persikabo.

Alex Dos Santos memperkuat Tira Persikabo pada tahun 2020-2021. Saat ini, penyerang berusia 31 tahun tersebut berseragam Persita.

Perselisihan Alex dengan Tira berawal dari unggahannya di media sosial Instagram pada 29 Oktober 2021 yang menyebut bahwa pemotongan gaji sebesar 75 persen pada Maret 2020 tidak diinformasikan dan tanpa kesepakatan.

Alex mengaku bahwa situasi tersebut membuatnya kesulitan membayar sekolah anak dan menghidupi keluarganya.

Berita Terkait

Berita Terkini