Susunan Pengurus PSSI, Inisial 'H' Dituding Masih Main Pengaturan Skor

Siapa inisial "H" tersebut? Ada tiga nama yang depannya "H" di susunan pengurus PSSI

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 04 November 2021 | 21:07 WIB
Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Logo PSSI. [laman resmi PSSI]

Bolatimes.com - Sepak bola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya kasus pengaturan skor. Kali ini kasus match fixing yang terkuak ada di Liga 2.

Diketahui ada 5 pemain Perserang Serang Banten dan 1 pemain Persic Cilegon yang terbukti bersalah terlibat dalam pengaturan skor.

Komite Disiplin (Komdis) PSSI pun menjatuhkan sanksi kepada 6 pemain tersebut. Selain larangan bermain selama bertahun-tahun, mereka juga diharuskan membayar denda.

Kembali terkuaknya kasus pengaturan skor ini kembali jadi perhatian publik. Beberapa nama diduga terlibat dalam kasus ini yang dikemukakan pada acara Mata Najwa: "PSSI Bisa Apa Jilid 6: Lagi-lagi Begini".

Mantan runner pengaturan skor, Bambang Suryo blak-blakan soal praktik pengaturan skor yang masih terjadi di sepakbola Indonesia.

Dia bahkan menyebut inisial "H" yang merupakan anggota federasi PSSI terlibat dalam kasus pengaturan skor di sepak bola Indonesia, termasuk di Liga 1.

Awalnya Najwa Shihab bertanya kepada Bambang mengenai apakah masih ada pengurus klub atau pihak federasi yang masih melakukan pengaturan skor di sepakbola Indonesia.

"Masih ada yang bermain (baca: pengaturan skor). Kalau saya sebut inisial saja Mr. H," katanya.

Nah, saat ini ada sejumlah sosok yang memiliki nama berawal huruf H di PSSI. Berikut daftar pengurus PSSI yang sudah dilantik untuk periode 2019-2023.

Susunan Pengurus PSSI

Ketua Umum: Mochamad Iriawan

Wakil Ketua Umum: Cucu Somantri dan Iwan Budianto

Komite Eksekutif: Yoyok Sukawi
Dirk Soplanit
Endri Erawan
Haruna Soemitro
Hasnuryadi Sulaiman
Juni Rahman
Pieter Tanuri
Sonhadji
Ahmad Riyadh
Hasani Abdul Gani
Yunus Nusi
Vivin Cahyani.

Dari nama-nama di atas, ada tiga orang yang memiliki nama dengan inisial H. Meski begitu, Bambang Suryo tak menyebutkan siapa anggota PSSI yang terlibat dalam match fixing.

Bambang Suryo juga mengaku masih mencari bukti mengenai sosok Mr. H yang terlibat pengaturan skor di Liga 1.

Selain anggota PSSI yang disebut terlibat dalam pengaturan skor, pengakuan mengejutkan juga diungkap oleh salah satu wasit Liga 1 2021/22 di acara Mata Najwa: "PSSI Bisa Apa Jilid 6: Lagi-lagi Begini".

Menggunakan nama samaran Mr. Y, dia menjelaskan sudah dua laga yang dirinya atur untuk dimenangkan tim tertentu.

Mr. Y mangatur pertandingan atas perintah seseorang. Ia menjalankan praktik kotor tersebut bersama rekan-rekannya seprofesi yang dia sebut sebagai tim.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak