4 'Wajah Baru' yang Wajib Dipanggil Shin Tae-yong untuk Hadapi Afghanistan

Para pemain ini belum mendapat kesempatan bertanding secara resmi di bawah asuhan Shin Tae-yong

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 03 November 2021 | 14:14 WIB
Gelandang Persib Bandung, Marc Klok. (Dok. Persib)

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, layak memberikan kesempatan kepada sejumlah pemain baru untuk menghadapi Afghanistan pada pertandingan uji coba.

Menurut agenda, laga uji coba melawan Afghanistan ini bakal digelar saat timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan atau training center di Turki pada November 2021.

Meskipun demikian, sampai saat ini belum ada tanggal secara pasti yang dirilis oleh kedua belah federasi soal jadwal uji coba tersebut.

Baca Juga: 6 Potret Tiphaine Poulon, Rans Angel Asal Prancis yang Nyaris Jadi Atlet

Yang jelas, agenda pemusatan latihan ini menjadi salah satu persiapan skuad Merah Putih menjelang tampil pada kejuaraan Piala AFF 2020 mendatang.

Menurut jadwal, turnamen Piala AFF 2020 sendiri bakal berlangsung pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Oleh karena itu, pemusatan latihan ini bakal menjadi momen penting untuk skuad Merah Putih mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Wajib Amankan Dua Laga Awal

Shin Tae-yong juga diharapkan memberikan kesempatan bagi sejumlah nama-nama pemain yang belum pernah mendapatkan kesempatan pada beberapa laga terakhir timnas Indonesia.

Pemain-pemain ini sebelumnya memang pernah menjadi bagian dari skuad timnas Indonesia. Namun, namanya sudah absen karena tak mendapatkan panggilan.

Berikut Bolatimes.com menyajikan nama-nama pemain yang seharusnya dipanggil Shin Tae-yong untuk hadapi Afghanistan.

Baca Juga: Jadwal Hylo German Open 2021 Hari Ini: Marcus/Kevin Ditantang Wakil Jepang

1. Saddil Ramdani

Saddil Ramdani. (Instagram/@officialsabahfc)
Saddil Ramdani. (Instagram/@officialsabahfc)

Sebetulnya, nama Saddil Ramdani sempat muncul saat PSSI mengumumkan pemain-pemain yang dipanggil untuk mengikuti TC timnas Indonesia U-23

Sayangnya, Saddil Ramdani tak bisa memenuhi panggilan tersebut karena harus menepi dari lapangan untuk menjalani pemulihan cedera.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Mengaku Gol Keduanya Lawan Atalanta Seharusnya Tidak Sah

Performa Saddil bersama klubnya di Liga Super Malaysia 2021, Sabah FC, sebetulnya cukup impresif.

Pemain asal Kendari itu mampu menjadi pilihan reguler di bawah arahan pelatih Kurniawan Dwi Yulianto dengan menyumbang tiga gol dan tiga assist.

Namun, Saddil sempat tersingkir ketika kursi kepelatihan tim berjulukan The Rhinos itu mengalami pergantian staff.

2. Yanto Basna

Yanto Basna bertemu Shin Tae-yong di Thailand. (Facebook/Yanto Basna)
Yanto Basna bertemu Shin Tae-yong di Thailand. (Facebook/Yanto Basna)

Yanto Basna juga menjadi salah satu opsi paling layak untuk mendapatkan panggilan pelatih Shin Tae-yong ketika menggelar TC di Turki.

Pemain yang berkarier di Thailand bersama Prachuap itu merupakan salah satu bek tengah yang punya sederet pengalaman berkarier di luar negeri.

Sebetulnya, bek berusia 26 tahun ini sempat mendapat panggilan Shin Tae-yong pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

Namun, karena ada kendala komunikasi, Yanto akhirnya harus dicoret karena tak sempat memenuhi panggilan timnas Indonesia.

Meskipun demikian, saat ini Yanto masih menjalani pemulihan cedera lututnya. Jika sudah pulih, maka dia menjadi salah saut pemain yang layak mendapatkan kesempatan.

3. Marc Klok

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok. (Dok. Persib)
Gelandang Persib Bandung, Marc Klok. (Dok. Persib)

Marc Klok juga menjadi salah satu pemain yang paling layak untuk mendapatkan kesempatan dari Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

Gelandang yang kini bermain bersama Persib Bandung itu sudah membuktikan kapasitasnya untuk mengamankan sektor lini tengah.

Marc Klok juga selalu mendapat kepercayaan untuk tampil bersama Persib. Di bawah arahan Robert Rene Alberts, dia menjadi sosok yang tampil reguler.

Di samping itu pula, pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, ini juga sudah mengamankan statusnya sebagai WNI.

Namun demikian, kesempatan untuk menggunakan jersey timnas Indonesia tak kunjung didapatkan oleh mantan pemain PSM Makassar dan Persija Jakarta ini.

4. Ilija Spasojevic

Striker Bali United, Ilija Spasojevic, usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang. (Dok. LIB)
Striker Bali United, Ilija Spasojevic, usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang. (Dok. LIB)

Striker naturalisasi milik Bali United ini menjadi salah satu pemain yang paling moncer di kompetisi Liga 1 2021-2022.

Sebab, Ilija Spasojevic sampai saat ini sudah mencetak tujuh gol dari total 10 pertandingannya di Liga 1 2021-2022.

Jumlah itu membawanya berada di peringkat teratas daftar pencetak gol terbanyak sementara. Dia bersaing dengan dua bomber asing lainnya, yakni Ezechiel N'Douassel (Bhayangkara FC) dan Youssef Ezzejjari (Persik Kediri).

Dua pemain tersebut memiliki catatan gol yang sama dengan Spaso. Dengan jumlah itu, Spaso dan dua pemain ini menjadi pemain paling subur di Liga 1 2021-2022.

Itulah sebabnya, Shin Tae-yong wajib memberikan kesempatan bagi Ilija Spasojevic untuk menjadi tumpuan di sektor lini serang timnas Indonesia.

Pasalnya, Spaso bisa menjadi alternatif sosok penyerang karena selama ini Shin Tae-yong lebih senang dengan striker yang memiliki kecepatan dan keuletan seperti Kushedya Hari Yudo.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB

Dalam pertarungan nanti, Persija Jakarta akan menjamu Persik Kediri Bali di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar pada Sabtu, 16 Maret 2024 malam.

bolaindonesia | 21:57 WIB

Pertandingan Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, sekaligus menjadi debut empat pemain baru naturalisasi.

bolaindonesia | 19:46 WIB

Persib akan berjumpa Persibkabo pada pekan 29 Liga 1 2023/2024. Tagar Persibday pun ramai digaungkan oleh bobotoh di media sosial. Bahkan hastag tersebut bersaing dengan Rocky Gerung dan Pak Sumedi.

bolaindonesia | 11:31 WIB

Shin tae-yong coret 5 pemain skuad Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023, dengan berbagai alasan hingga akhirnya tak bisa tampil di Kualifikasi Piala Duni 2026 zona Asia.

bolaindonesia | 10:37 WIB

Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia yang dikenal akan program naturalisasinya, kini STY merasa terteka dengan banyaknya pemain keturunan yang memperkuat Timnas Indonesia

bolaindonesia | 07:23 WIB

Shin Tae-yong bertemu dengan Erick Thohir menyampaikan perkembangan Timnas Indonesia dan siap menyapu 2 laga lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

bolaindonesia | 20:44 WIB

Erick Thohir beberkan soal potensi pemain naturalisasi Nathan Tjoe-A-On untuk membela Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bisa bernafas lega banyak opsi pemain yang dipersipakan untuk melawan Vietnam.

bolaindonesia | 07:01 WIB

Bek Timnas Vietnam sebelum jumpa Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 nampak bercanda seolah lawan yang dihadapi ini Timnas Garuda atau Belanda

bolaindonesia | 10:35 WIB

Marc Klok akui ingin fokus membela Persib Bandung terlebih dahulu baru berjuang mati-matian membela Timnas Indonesia

bolaindonesia | 16:39 WIB

Pelatih Vietnam diminta untuk tiru taktik eks pelatih Real Madrid kala jumpa Indonesia mengingat catatan tak pernah menang lawan Timnas Garuda

bolaindonesia | 08:39 WIB

Rans Nusantara di pekan ke 28 BRI Liga satu masih belum meraih kemenangan dan tertahan di papan bawah klasmen, kini bertekad untuk bangkit saat jumpa Bali United.

bolaindonesia | 19:37 WIB

Pemain naturalisasi Marc Klok mengaku bangga bisa kembali membela Timnas Indonesia.

bolaindonesia | 19:06 WIB

Rafael Struick saat membela Ado Den Haag U-21 lawan Dordrecht U-21 mampu cetak gol dan turut disaksikan oleh Shin Tae-yong

bolaindonesia | 10:03 WIB

Shin Tae-yong telah memilih 28 pemain Timnas Indonesia, sayang 3 striker naturalisasi ini justru dianggurin STY.

bolaindonesia | 09:16 WIB

Marc Klok akui laga Persib Bandung vs Persija Jakarta hatinya bergetar bukan karena lawan mantan team melainkan karena ini

bolaindonesia | 12:43 WIB

Shin Tae-yong memperlihatkan kedekatannya dengan pemain abroad Timnas Indonesia, dengan makan bareng di Eropa

bolaindonesia | 19:44 WIB

Para pecinta Persib dapat mengikuti berita terbaru seputar tim kesayangan mereka. Informasi tentang transfer pemain, latihan terbaru, dan kondisi cedera menjadi sorotan utama. Sumber terpercaya akan memberikan Anda pembaruan terkini.

bolaindonesia | 11:00 WIB
Tampilkan lebih banyak