Deretan Pemain Timnas U-23 yang Pantas Kuat Timnas Senior di Piala AFF 2020

Tak cuma Asnawi dan Arhan, berikut deretan pemain yang pantas bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 30 Oktober 2021 | 12:30 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 boleh saja tumbang dari Australia. Namun, ada hikmah di balik kekalahan tersebut, terutama soal pemain-pemain yang pantas ikut tim senior ke ajang Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia U-23 harus mengubur mimpi tampil di Piala Asia U-23 2022 di Uzbekistan setelah menelan kekalahan dari Australia di grup G.

Dalam pertandingan yang berlangsung dua leg di Tajikistan itu, Garuda Muda takluk dengan agregat 2-4 dari Australia U-23.

Baca Juga: 5 Pemain Perserang Diduga Terlibat Pengaturan Skor, APPI Ogah Bantu

Di leg pertama (26/10/21), Indonesia harus tumbang dengan skor 2-3 yang kemudian disusul kekalahan tipis lainnya yakni 0-1 di leg kedua (29/10/21).

Kekalahan ini memang cukup menyakitkan bagi para penggawa tim nasional U-23. Akan tetapi, kekalahan ini melahirkan beberapa poin penting.

Pecinta sepak bola Tanah Air pun sepakat bahwa ada progres yang ditunjukkan dari Timnas Indonesia U-23 di bawah arahan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Timnas U-23 Dikalahkan Australia, Media Vietnam Bahas Perbedaan Level

Salah satunya adalah munculnya beberapa pemain U-23 yang nantinya pantas tampil di tim senior untuk ajang Piala AFF 2020 pada Desember mendatang.

Hal tersebut pun senada dengan pernyataan Shin Tae-yong yang hendak memanggil beberapa pemain di tim U-23 untuk ikut ambil bagian di Piala AFF bersama tim senior.

Selain Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan yang jadi pemain reguler di tim senior, siapa saja pemain U-23 yang pantas bermain untuk Timnas Indonesia di Piala AFF nanti?

Baca Juga: Jumpa Minions di Semifinal French Open 2021, Fajar/Rian akan Bermain Enjoy

1. Ernando Ari Sutaryadi (Kiper)

Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. (Dok. PSSI)
Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. (Dok. PSSI)

Ernando Ari Sutaryadi membuktikan bahwa Indonesia tak pernah kehabisan stok penjaga gawang hebat di setiap generasinya. Ia mampu menunjukkan tajinya di bawah mistar saat membela Timnas U-23 melawan Australia.

Dua kali tampil di bawah mistar gawang, kiper berusia 19 tahun ini tampil cekatan sepanjang dua leg, termasuk menggagalkan penalti Patrick Wood di leg pertama.

Baca Juga: Hasil French Open 2021: Perang Saudara Minions vs Fajar/Rian di Semifinal

2. Rizky Ridho (Bek)

Rizky Ridho. (Dok. PSSI)
Rizky Ridho. (Dok. PSSI)

Rizky Ridho pantas untuk tampil di Piala AFF 2020 nantinya bersama tim senior jika berkaca pada penampilannya kala menghadapi Australia.

Bek milik Persebaya Surabaya ini juga terlihat tenang saat memegang bola dan membangun serangan dari belakang. Selain itu, ia tak gentar dalam melakukan duel-duel baik di udara maupun di lapangan.

3. Witan Sulaeman (Gelandang/Winger)

Pesepak bola timnas U-23 Indonesia Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola U-23 Iran Mohammad Mioslemipour (kanan) dalam laga persahabatan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/11/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Pesepak bola timnas U-23 Indonesia Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pesepak bola U-23 Iran Mohammad Mioslemipour (kanan) dalam laga persahabatan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/11/2019). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Witan Sulaeman menjadi nama lainnya yang otomatis akan masuk dalam skuad Timnas Indonesia senior di ajang Piala AFF 2020.

Penampilannya melawan Australia yang cekatan dan mampu membuat lawan kerepotan menjadi bukti sahih bahwa ia pantas mendapat tempat reguler di lini serang Indonesia pada ajang dua tahunan tersebut .

4. Hanis Saghara (Striker)

Pemain Timnas Indonesia U-19 Hanis Saghara Putra (kanan) berebut bola dengan pemain Jepang U-19 Daiki Hashioka (kiri) dalam babak perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (28/10/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Pemain Timnas Indonesia U-19 Hanis Saghara Putra (kanan) berebut bola dengan pemain Jepang U-19 Daiki Hashioka (kiri) dalam babak perempat final Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (28/10/2018). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Timnas Indonesia tak pernah kehabisan stok penyerang petarung. Di laga melawan Australia, Hanis Saghara menunjukkan bahwa ia merupakan penyerang yang berkontribusi untuk tim dan tak egois.

Penyerang berusia 22 tahun ini tampil tak kenal lelah dan ngotot dalam duel. Ia juga rajin turun membantu pertahanan. Tak ayal, namanya menjadi opsi yang cocok andai Kushedya Hari Yudo absen dalam laga di Piala AFF.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB

Gol tunggal Egy Maulana Vikri yang sukses mengamankan tiga poin di kandang benar-benar membuat seisi stadion bergemuruh.Tiga poin di kandang berhasil diamankan Timnas Indonesia melalui gol tunggal Egy Maulana Vikri pada menit ke-52.

bolaindonesia | 06:15 WIB

Erik ten Hag masih memegang kendali sebagai pelatih Manchester United pada musim 2023-2024.Namun, kepercayaan terhadap Ten Hag mulai pudar di antara manajemen Setan Merah.

bolaindonesia | 21:11 WIB

Berikut adalah link live streaming pertandingan Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Shin Tae-Yong mengkritik kualitas jersey latihan teranyar Timnas Indonesia yang baru saja dipakai dalam latihan perdana pada Senin (18/03/2024) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat.

bolaindonesia | 11:04 WIB

Pemain naturalisasi, Thom Haye mengungkapkan, rasa bahagianya setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pasca merampungkan proses itu seusai melakoni jadwal padat membela klubnya SC Heerenveen di Liga Belanda

bolaindonesia | 09:48 WIB

Sudah diberi kesempatan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia, dua pemain keturunan masih saja absen dalam persiapan laga U-20. Hingga latihan terbaru, kedua pemain keturunan Welber Jardim dan Chow Yun Damanik belum terlihat.

bolaindonesia | 18:16 WIB

Seperti fakta di lapangan yang terjadi, Persib harus bermain dengan kekuatan 10 orang sejak menit 36. Persib kehilangan satu pemain setelah Dedi Kusnandar diusir wasit.

bolaindonesia | 17:43 WIB

Do Duy Manh bek Timnas Vietnam baru-baru ini turut mengomentari banyaknya pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan respon seperti ini.

bolaindonesia | 10:12 WIB
Tampilkan lebih banyak