Dulu Curangi Timnas Indonesia, Jarred Gillet Kini Jadi Wasit Premier League

Dulu, dia begitu kontroversi ketika memimpin pertandingan Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 22 Oktober 2021 | 19:04 WIB
Wasit asal Australia, Jarred Gillett.  (Dok. Brenford FC)

Wasit asal Australia, Jarred Gillett. (Dok. Brenford FC)

Bolatimes.com - Lima tahun lalu, Jarred Gillet pernah memimpin laga Timnas Indonesia vs Vietnam. Ketika itu, 3 Desember 2016, kedua negara ini bertemu di ajang Piala AFF.

Gillet mendapat sorotan karena dia adalah wasit yang dikenal penuh kontroversi. Paling kentara dalam laga itu ialah banyaknya ia mengeluarkan kartu.

Nyatanya, Gillet memang sudah punya kebiasaan demikian. Sebelum memimpin laga Indonesia vs Vietnam, wasit yang kini berusia 35 tahun ini sudah mengeluarkan 14 kartu merah di Australia League.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Nepal

Lantas, bagaimana kiprah Gillet sebenarnya? Berikut Bolatimes rangkum profil singkatnya yang dirangkum dari sejumlah sumber.

Profil Jarred Gillet

Gillet adalah salah satu peserta Asian Football Confederation Project Future Referee yang studi banding di Premier League Inggris pada 2010. Ia kemudian melakukan debut profesionalnya dalam Liga A Australia pada 2010.

Baca Juga: Persita Bungkam Persikabo 2-1, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Di awal debutnya, ia mewasiti 15 laga. Salah satu yang paling diingat adalah semifinal eliminasi A League antara Adelaide United vs Wellington Phoenix.

Gillet terbilang berprestasi. Hanya, dalam suatu waktu, dia pernah melakukan sejumlah aksi yang berbuntut hukuman.

Salah satunya, pada 2016. Gillet  sempat mendapat protes keras dari pelatih klub A League, Tony Popovich. Pelatih Western Sydney Wanderers memprotes banyak keputusan Gillett di laga timnya melawan Sydney FC pada Oktober 2016 silam.

Baca Juga: Reaksi Misterius Hendra Setiawan saat Didesak Jadi Pelatih oleh Juniornya

Bahkan akibat protesnya Popovich mendapat hukuman dari federasi sepak bola Australia. Pada pertandingan itu, Gillett memberi tiga kartu kuning dan satu kartu merah kepada pemain Western Sydney Wanderers, serta hanya memberi satu kartu kuning kepada pemain Sydney FC.

Terlepas dari keputusan yang diambil oleh Gillet, dia ternyata punya prestasi mentereng. Pada 2019, dirinya berhasil menjadi salah satu wasit di Inggris dengan bergabung dengan  jajaran wasit di Divisi Championship pada 2019.

Gillet tercatat telah memimpin pertandingan di tiga divisi di bawah Liga Inggris dan juga Piala Liga. Musim ini, ia telah memimpin dua pertandingan di Divisi Championship, termasuk kemenangan 3-0 Peterborough atas Birmingham City.

Baca Juga: Profil Tim Bodo/Glimt, Klub Peminat Egy Maulana yang Hancurkan AS Roma 6-1

Gillet akhirnya naik kelas. Dirinya bahkan telah memimpin laga di Premier League dan menjadikannya satu-satunya wasit luar Inggris yang memimpin laga.

Adalah laga Watford vs Newcastle United pada 25 September 2021. Di laga yang berkesudahan imbang itu, Gillet mengeluarkan 6 kartu kuning.

Sebelum ke Inggris, Gillet pernah memimpin pertandingan di pelbagai negara. Tercatat, Gillet pernah memimpin kompetisi Australia, Selandia Baru, India, Jepang, Arab Saudi, dan Cina.

Kontributor: Kusuma Alan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak