Profil Zainudin Amali,Menpora yang Disorot karena Tak Kenal Fajar/Rian

Bagaimana bisa seorang Menpora RI tidak mengenal atlet yang kerap mengharumkan nama bangsa Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:10 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, tengah menjadi sorotan publik akibat sejumlah pernyataan kontroversialnya akhir-akhir ini.

Salah satu pernyataan yang viral dari Zainudin Amali ialah ketika mengaku tidak kenal dengan pasangan ganda putra asal Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Dalam potongan video yang beredar di media sosial, Menpora mengatakan bahwa kedua pasangan tersebut kurang dikenal publik.

Baca Juga: Deretan Insiden Perkelahian di Liga 1, Pacheco vs Wawan, Robert vs Sumardji

“Ada tunggal putra kita yang baru, yakni Fajar dan Rian. Sebelumnya, publik itu tidak begitu kenal dengan mereka,” katanya.

“Namun, saat itu (final Piala Thomas 2020), mereka ditampilkan dan berhasil menang dua gim secara langsung. Bagi saya, itu hal yang menggembirakan,” lanjutnya.

Momen itu terjadi ketika Menpora tengah diwawancarai sejumlah media soal keberhasilan Indonesia meraih gelar juara Thomas Cup 2020 di Denmark beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Klarifikasi Menpora soal Pernyataan Fajar/Rian yang Tak Dikenal Publik

Tentu saja, pernyataan Menpora menuai kritik yang cukup deras dari masyarakat, utamanya pencinta dunia tepok bulu.
Sebab, Fajar dan Rian bukanlah atlet tunggal, tetapi keduanya adalah pemain ganda putra yang telah berduet sejak tahun 2014.

Di samping itu pula, sejumlah gelar juara pun pernah direngkuh oleh keduanya, mulai dari Malaysia Master 2018, Korea Open 2019, Swiss Open 2019, hingga medali perunggu pada Asian Games 2018.

Pernyataan itulah yang membuat Zainudin Amali dianggap sebagai Menpora yang tak memahami perkembangan bulu tangkis Indonesia.

Baca Juga: Makin Go Public, Potret Terbaru Ratu Rizky Nabila Bareng Pacar Bule

Profil Zainudin Amali

Zainudin Amali merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo pada kabinet periode keduanya, yakni 2019 hingga 2024.

Sebelum menjabat sebagai Menpora, Zainudin Amali lebih banyak bergelut di dunia politik dan bisnis. Hal ini tak terlepas dari latar belakangnya sebagai kader Partai ngan Karya (ar).

Baca Juga: Anthony Ginting Dapat Ucapan Ultah dari BWF, Netizen: Kesayangan Admin

Selain itu, lelaki berusia 59 tahun ini juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai ar periode 2014-2019.

Sebetulnya, Zainudin Amali sudah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mulai tahun 2004 dari daerah pemilihan Gorontalo.

Pada periode selanjutnya, yakni 2009-2014, ia kembali menang Pemilu Legislatif dari daerah pemilihan Jawa Timur.

Periode ketiganya dan keempat juga sukses dimenangi lelaki asal Gorontalo ini dari Dapil Jawa Timur, yakni pada 2014-2019 dan 2019-2024.

Namun, jabatannya sebagai wakil rakyat pada pemilihan terakhir harus ditinggalkan karena mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk menjadi Menpora pada Kabinet Indonesia Maju.

Karier politik Amali sudah mulai diasah ketika ia menyandang status sebagai mahasiswa. Dulunya, dia adalah sosok yang aktif berorganisasi.

Zainudin Amali pernah menjabat sebagak Ketua Bakornas Lembaga Pers Mahasiswa Islam Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 1986-1987.

Kemudian, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa STIE Swadaya (1988-1990) dan Ketua Umum Gema Kosgoro (1994-1998).

Selain itu, Zainudin Amali juga pernah memimpin sejumlah perusahaan seperti PT Putra Mas, PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, PT Gitrana Sendiko, dan lain-lain.

Saat dilantik sebagai Menpora pada Kabinet Indonesia Maju 2019-2014, total kekayaan yang dilaporkan oleh Zainudin Amali pada Laporan Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mencapai Rp 17.9 miliar.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak