Profil Rizky Ridho, Pemain yang Disebut Witan Layak ke Eropa

Rizky Ridho sudah menjadi bek andalan Persebaya Surabaya sejak muda

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Rizky Ridho. (Dok. PSSI)

Rizky Ridho. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Belum lama ini, pemain muda Indonesia Witan Sulaeman menyebut dua kompatriotnya sebagai pemain yang pantas bermain di Eropa. Salah satu dari dua nama tersebut adalah Rizky Ridho.

Melalui kanal YouTube PSSI, Witan memberikan pandangannya mengenai siapa dari dua rekannya di Timnas Indonesia U-23 yang pantas mengikuti jejaknya bermain di Eropa.

Witan diketahui sejak tahun lalu telah berpetualang di Eropa dan tercatat membela FK Radnik Surdulica (Serbia). Kini pemain berusia 20 tahun itu tergabung di klub Polandia, Lechia Gdask.

Baca Juga: Profil Pratama Arhan, Bek yang Disebut Witan Sulaeman Layak Main di Eropa

Melihat kembali keberhasilannya menembus pentas Eropa, Witan pun menyebutkan bahwa pemain Indonesia lainnya bisa mengikuti jejaknya dan berkarier di benua biru.

Dari sekian banyak pemain Indonesia yang bermain dengannya, Witan Sulaeman menyebut dua nama yang punya potensi besar untuk bermain di Eropa, yakni Pratama Arhan dan Rizky Ridho.

“Untuk saya sih, banyak pemain Indonesia yang pantas ke Eropa, seperti (Pratama) Arhan dan (Rizky) Ridho,” tutur Witan.

Baca Juga: Denmark Open: Sejarah, Venue, dan Negara Paling Banyak Raih Gelar

Pernyataan ini terbilang unik mengingat baik Pratama Arhan dan Rizky Ridho sama-sama berposisi sebagai bek. Dengan pengalaman Witan di Eropa, tentu penilaiannya bukanlah penilaian yang 'asal bunyi'.

Pratama Arhan yang tercatat membela PSIS Semarang ini memang santer dikabarkan bisa saja bermain di luar negeri, salah satunya di Korea Selatan karena stamina yang ia miliki.

Lalu, bagaimana dengan Rizky Ridho? Pemain muda milik Persebaya Surabaya ini memang punya pengalaman mentereng di level teratas dan kerap diandalkan Shin Tae-yong di tim kelompok umur Indonesia, termasuk Timnas U-23.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Bungkam Tajikistan, FC Utrecht Beri Selamat

Lantas, seperti apa profil pemain bernama lengkap Rizky Ridho Ramadhani tersebut?

Profil Rizky Ridho

Rizky Ridho Ramadhani lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 21 November 2001. Ia merupakan bek tengah jebolan kompetisi usia muda bentukan PSSI, Elite Pro Academy (EPA).

Baca Juga: Sebut AC Milan Main Jelek, Zlatan Ibrahimovic: Kami akan Tetap Bertarung

Sepak terjangnya di usia muda telah terlihat saat membawa Persebaya Surabaya bersama Brylian Aldama menjuarai EPA U-20 pada 2019 silam.

Berkat penampilan itu, ia dipanggil oleh Timnas U-18 untuk ajang Piala AFF U-18 di Vietnam di mana langkah Garuda Muda dan Rizky Ridho tertahan di semifinal.

Penampilan apiknya di level junior turut membuatnya masuk tim utama Persebaya di mana ia melakukan debutnya pada Liga 1 2020 di pekan ketiga melawan Persipura Jayapura.

Rizky Ridho pun juga masuk dalam Timnas U-19 besutan Shin Tae-yong saat menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia pada 2020 lalu.

Dalam beberapa laga uji coba di Kroasia, Shin Tae-yong kerap mengandalkan Rizky Ridho dan mempercayakannya ban kapten kala melawan Bulgaria.

Perjalanan karier Rizky Ridho terus berlanjut di mana ia menjadi andalan Persebaya di Piala Menpora 2021. Ia bahkan empat kali turun sebagai starter.

Untuk Liga 1 2021-2022 ini, Rizky Ridho tercatat telah turun sebanyak dua kali bagi Persebaya di mana ia tak tergantikan kala melawan Borneo FC dan PSM Makassar.

Karenanya, Shin Tae-yong lagi-lagi mempercayakannya untuk ambil bagian di Timnas Senior, termasuk saat laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Kini, Rizky Ridho dipercaya kembali untuk menjadi palang pintu Timnas U-23 saat melawan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 mendatang.

Dengan postur tubuh sekitar 183 cm, Rizky Ridho dianggap punya keunggulan dalam duel udara dibanding rekan-rekannya. Oleh karenanya, ia diyakini akan jadi andalan dalam laga melawan Australia U-23.

Maka tak mengherankan bila Witan Sulaeman menyebut Rizky Ridho pantas bermain di Eropa. Dengan postur dan usia yang masih muda, ia diprediksi bisa nyetel dengan permainan khas benua biru hingga nantinya menjadi palang pintu masa depan Indonesia.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak