PON Papua: Jawa Timur Raih Perunggu usai Tundukkan Kalimantan Timur

Jawa Timur menang dengan skor 3-2 atas Kalimantan Timur dalam perebutan medali perunggu PON Papua.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 14 Oktober 2021 | 16:35 WIB
Logo PON Papua 2021. (Dok. Kemenlu)

Logo PON Papua 2021. (Dok. Kemenlu)

Bolatimes.com - Tim sepak bola Jawa Timur sukses meraih medali perunggu PON Papua usai mengalahkan Kalimantan Timur. Dalam laga di Stadion Barnabas Youwe, Kabupaten Jayapura, Kamis (14/10/2021), Jatim menang dengan skor 3-2.

Tiga gol Jawa Timur ke gawang Kalimantan Timur dicetak oleh Muhamad Faisol Yunus (2) dan Dwiki Mardiyanto. Sedangkan gol Kaltim dicetak Rian Khaidir dan Muhammad Rizky Ramadhan.

Pada babak pertama, Jatim mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dengan melakukan tekanan ke lini pertahanan Kaltim.

Baca Juga: Jess Amalia Ngaku Tegang saat Ngegym, Netizen Salfok ke Betisnya

Ditekan lebih dulu, pemain Kaltim melancarkan serangan balik ke lini pertahanan lawannya, namun belum ada peluang emas bagi kedua tim.

Kaltim memiliki peluang emas terlebih dahulu melalui sundulan Rian Khaidir yang menerima umpan dari Ical namun tandukannya masih bisa dihalau kiper Jatim Eko Saputro.

Selanjutnya giliran Jatim yang memiliki peluang ketika Dian Sasongko melakukan sundulan ke gawang Kaltim yang masih membentur mistar gawang.

Baca Juga: Media Korea Selatan Kepo Soal Ramai Rumakiek, Shin Tae-yong Beri Penjelasan

Kedua tim bermain dalam tempo relatif sedang dan jarang menghasilkan peluang hingga berakhirnya babak pertama skor sama kuat 0-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, Jatim memulainya dengan mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat mengancam gawang Kaltim, tetapi belum membuahkan hasil.

Jatim kembali mengancam ketika penyerang Dwiki Mardiyanto melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, namun arah bola masih menyamping di sisi kiri gawang lawan.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Sudah Tiba di Tajikistan, Langsung Gelar Latihan

Kaltim berhasil unggul lebih dulu melalui penyerang Rian Khaidir yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Tertinggal lebih dulu, Jatim terus melancar serangan namun belum ada yang bisa menembus gawang dari Kaltim yang dijaga Andry Fathur Robby.

Jatim berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah tendangan dari Muhamad Faisol Yunus berhasil menembus gawang Kaltim.

Baca Juga: Tiga Bulan Gabung PSG, Sergio Ramos Masih Belum Bisa Debut

Dwiki Mardiyanto berhasil membalikkan keadaan ketika ia melepaskan tembakan keras ke pojok atas kiri gawang Kaltim yang tak bisa dijangkau oleh Andry Fathur Robby.

Kaltim berhasil menyamakan kedudukan melalui titik putih usai gelandang Aldy Satria Fitrandi dilanggar di kotak penalti. Bek Muhammad Rizky Ramadhan yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dan membuat skor menjadi 2-2.

Jawa Timur hampir bisa unggul kembali ketika masa tambahan waktu namun sundulan dari Dimas Sukarno Putra masih membentur mistar gawang Kaltim.

Hingga babak kedua usai, skor 2-2 tetap bertahan dan membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Pada babak tambahan pertama, terjadi insiden ketika kiper Kaltim Andry Fathur Robby tidak bisa melanjutkan pertandingan usai terlibat benturan dengan pemain Jatim di kotak penalti.

Andry pada akhirnya harus dilarikan ke keluar lapangan menggunakan ambulans karena cedera serius yang ia dapatkan dari insiden ini.

Di babak tambahan pertama ini, kedua tim tidak terlalu banyak mendapatkan peluang emas dan hingga waktu habis skor 2-2 untuk kedua tim tetap bertahan.

Pada babak tambahan kedua, Jatim mendominasi permainan dan terus menekan lini pertahanan Kaltim namun tidak ada yang berbuah gol.

Akhirnya pada waktu tambahan, Muhamad Faisol Yunus berhasil membawa Jawa Timur unggul 3-2 atas Kaltim setelah tendangan bebasnya merobek gawang yang dijaga Agus Susanto.

Hingga babak tambahan kedua usai, skor 3-2 untuk kemenangan Jatim atas Kaltim tetap bertahan dan membuat mereka berhak untuk medali perunggu PON Papua cabang olahraga sepak bola putra.

[Antara]

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak