Belum Aman, Ini 3 Skema Timnas Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Asia 2023

3 cara agar Timnas Indonesia lolos menyingkirkan Taiwan.

Arif Budi Setyanto | BolaTimes.com
Senin, 11 Oktober 2021 | 05:00 WIB
Timnas Indonesia. (PSSI)

Timnas Indonesia. (PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memang meraih kemenangan 2-1 atas Taiwan di leg pertama playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, Kamis (7/10/2021) lalu. Kemenangan tipis itu belum membuat skuat Garuda dalam posisi yang aman untuk lolos.

Menghadapi Taiwan di leg pertama, anak asuh Shin Tae-yong berhasil tampil dominan. Timnas Indonesia mampu membuka keunggulan pada menit ke-16 berkat Ramai Rumakiek yang suskes mengolongi kiper lawan.

Rumakiek berhasil memperlihatkan aksi individu usai mendapatkan umpan silang Miftah Sani. Wonderkid Persipura Jayapura itu sangat tenang mengelabuhi lawan.

Baca Juga: Fakta Jamie Carragher, Bek Legendaris Liverpool yang Tak Pernah Minum Kopi

kedua Indonesia dicetak oleh Evan Dimas. ini berawal dari umpan manis Kushedya Hari Yudo ke kotak penalti. kemudian disambar oleh sepakan kapten Timnas Indonesia yang muncul dari lini kedua.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).
Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).

Tim Merah Putih sejatinya berhasil mendapatkan banyak peluang dalam laga itu. Namun sayang, penyelesaian akhir dan bagusnya kiper lawan membuat timnas hanya mencetak dua gol.

Bukan hanya itu, fokus para pemain timnas juga disayangkan saat memasuki menit akhir pertandingan. Sebab, Indonesia yang mendominasi malah kecolongan gol dari Taiwan.

Baca Juga: Momen Kiper Timnas Inggris Beri Assist Via Lemparan Maut ke Jack Grealish

Heng Pin Hsu berhasil memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan skuad Garuda saat menghadapi situasi set piece. Satu gol itu sangat berarti karena laga ini menggunakan sistem home away.

Di leg pertama itu, Indonesia berstatus sebagai tim kandang. Maka dari itu, Taiwan yang bertindak sebagai tim tamu kegirangan bisa menjebol satu gol, meski tampil buruk sepanjang laga.

Dengan situasi itu, posisi Timnas Indonesia masih belum aman di leg kedua nanti untuk lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Oleh sebab itu, ada tiga skema atau skenario bagi anak asuh Shin Tae-yong agar mereka berhasil mengamankan tiket ke babak selanjutnya.

Baca Juga: Pamer Video saat Jogging, Dinar Candy Sensor Bagian Vitalnya

Timnas Indonesia. (PSSI)
Timnas Indonesia. (PSSI)

1. Menang

Jika Indonesia berhasil menang menghadapi Taiwan di leg kedua dengan hasil berapapun. Otomatis skuat Garuda dipastikan lolos ke babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

2. Imbang

Baca Juga: Cerita Tyson Fury Jadi Kiper saat Bocah, Badan Besarnya Tutupi Gawang

Hasil imbang di leg kedua cukup untuk membuat Timnas Indonesia lolos. Pasalnya, saat ini Evan Dimas dkk masih unggul agregat 2-1 dari Taiwan. Jadi, imbang dengan skor berapapun membuat skuat asuhan Shin Tae-yong akan melaju ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

3. Kalah

Skema terburuk jika Indonesia kalah, masih ada harapan untuk lolos. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi.

Pada leg kedua ini, Timnas Indonesia akan menjadi tim tamu. Maka dari itu, jika Indonesia kalah dengan minimal selisih satu gol serta mencetak dua gol atau lebih (misal kalah 2-3, 3-4 atau seterusnya), mereka bisa menyingkirkan Taiwan.

Sebab, Indonesia berhak lolos dengan agregat gol tandang. Pasalnya, Taiwan sendiri hanya bisa mencetak satu gol ketika berstatus sebagai tim tamu.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia yang saat ini bermain di klub FC Dallas, Maarten Paes sangat optimis bakal debut bersama skuad Garuda di bulan Juni mendatang.

bolaindonesia | 17:15 WIB

Usai menjadi WNI, kiper Naturalisasi Timnas Indonesia, Maarten Paes beberkan impiannya bersama skuad Garuda asuhan Shin Tae Yong.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Ketua umum PSSI, Erick Thohir bakal protes ke FIFA setelah Wasit Thailand Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia kontra Irak di perebutan posisi ketiga Piala Asia U-23 Qatar.

bolaindonesia | 13:45 WIB

Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-Udom Kembali akan menjadi Wasit VAR Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Irak, Erick Thohir Dituntut lakukan protes ke AFC, bakal digubris?

bolaindonesia | 13:11 WIB

Salah Sasaran! Bukan Sivakorn Puudom, Suporter Timnas Indonesia U-23 Malah Ancam Artis Thailand ini Usai Kalah di Piala Asia Qatar

bolaindonesia | 12:37 WIB

Resmi mendapatkan warga negara Indonesia, kasus Kiper FC Dallas, Maarten Paes di CAS sudah clear, bakal debut kontra Irak?

bolaindonesia | 12:07 WIB

Masyarakat Indonesia memiliki antusias dengan pelatih tim nasional Indonesia. Kiprahnya membawa timnas Indonesia bermain dengan gemilang dalam kancah internasional. Apakah Shin Tae Yong tetap berlanjut mengkomandoi para pemain andalan Indonesia?

bolaindonesia | 14:39 WIB

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB
Tampilkan lebih banyak