Bolaindonesia

Profil Marselino Ferdinan, Wonderkid Indonesia yang Masuk 60 Pemain Terbaik

Marselino berada satu daftar bersama Gavi (Barcelona), Youssoufa Moukoko (Borussia Dortmund), dan Luka Romero (Lazio).

Irwan Febri Rialdi

Marselino Ferdinan masuk daftar 60 pemain muda terbaik dunia versi The Guardian. (Dok. The Guardian)
Marselino Ferdinan masuk daftar 60 pemain muda terbaik dunia versi The Guardian. (Dok. The Guardian)

Bolatimes.com - Nama Marselino Ferdinan melejit seiring namanya yang dipanggil Shin Tae-yong untuk TC Timnas Indonesia U-23 serta namanya yang masuk dalam daftar Wonderkid terbaik di dunia versi media Inggris, The Guardian.

Marselino Ferdinan sebelumnya menjadi buah bibir usai menjadi debutan termuda Persebaya Surabaya di Liga 1 2021-2022 saat menghadapi Tira Persikabo, dua hari pasca ulang tahun ke-17 nya (11/09/21).

Setelahnya ia terus tampil untuk Persebaya di ajang Liga 1 2021-2022 dengan total 5 penampilan. Karena penampilannya itu lah, ia lantas dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas U-23 di Tajikistan pada Oktober 2021 ini.

Selain menarik atensi Shin Tae-yong, nyatanya penampilan Marselino juga mampu menarik atensi salah satu media besar Inggris, The Guardian.

Dalam laporannya, The Guardian memasukkan nama Marselino Ferdinan sebagai 60 Wonderkid terbaik di dunia di tahun 2021 ini bersama pemain muda bernama besar lainnya seperti Gavi (Barcelona), Youssoufa Moukoko (Borussia Dortmund), dan Luka Romero (Lazio).

https://www.theguardian.com/ football/ng-interactive/2021/ oct/07/next-generation-2021- 60-of-the-best-young-talents- in-world-football

Masuknya nama Marselino pun meneruskan tradisi pemain muda Indonesia. Sebelumnya, ada nama Egy Maulana Vikri yang juga pernah masuk daftar ini pada 2017 silam.

John Duerden dalam tulisannya di The Guardian menyebut bahwa Marselino memiliki kemampuan apik dalam dalam keseimbangan permainan, kontrol dan teknik.

Pujian ini menjadi sebuah pengakuan akan kualitas yang dimiliki Marselino dalam bermain. Maka tak mengherankan Shin Tae-yong pun memasukkan namanya dalam proyeksi Timnas U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23.

Lalu, siapakah sosok Marselino Ferdinan ini?

Marselino Ferdinan: Bocah Ajaib Persebaya

Marselino Ferdinan merupakan pemain yang bisa beroperasi di lini serang yakni sebagai pemain bernomor 10 atau gelandang serang maupun menjadi winger.

Ia lahir 17 tahun silam di Jakarta, tepatnya pada 9 September 2004. Ia tumbuh di keluarga yang juga berkarier sebagai pesepak bola. Diketahui, Marselino merupakan adik kandung dari winger Persebaya, Oktafianus Fernando.

Berbeda dengan sang kakak yang baru tampil dua kali di Liga 1 2021-2022, Marselino sudah tampil sebanyak lima kali di ajang tersebut dan menjadi andalan Aji Santoso di beberapa partai.

Jauh sebelum bermain untuk Persebaya di Liga 1, Marselino pun sempat mendapat kesempatan unjuk gigi di ajang pramusim Piala Menpora di mana ia tampil sebanyak dua kali.

Karier sepak bola Marselino pun bisa dikatakan mulus . Marselino tampil apik di kompetisi lokal bernama Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) U-15 di mana ia mencetak 3 gol dalam 4 laga dengan membela klub Bintang Timur.

Kiprahnya pun berlanjut di Elite Pro Academy (EPA) Persebaya U-16  di mana keran golnya tak terhenti yang membuatnya mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia U-15.

Di skuad arahan Bima Sakti itu, Marcelino turut tampil di Piala AFF U-15 2019 di mana ia mencetak 5 gol dalam 5 laga bersama Timnas Indonesia U-15.

Mengetahui ada bocah ajaib di akademinya, Persebaya pun menjaganya dengan terus memberinya waktu untuk mengembangkan diri bersama EPA Persebaya hingga 2020.

Hingga akhirnya  Marselino genap berusia 17 tahun, Persebaya pun memberikannya debut di pentas profesional dan kini menjadi andalan bagi Aji Santoso untuk mengarungi Liga 1 2021-2022.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini