Bolaindonesia

Profil Ramai Rumakiek, Wonderkid Timnas yang Kolongin Kiper Taiwan

Melewati dua pemain, Rumakiek berhasil mencetak gol dengan melewatkan bola di sela kaki kierulfika

Irwan Febri Rialdi

Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).
Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).

Bolatimes.com - Ramai Rumakiek menjadi perbincangan usai tampil mengesankan di babak Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023 saat Timnas Indonesia menghadapi Taiwan (07/10/21).

Dalam laga yang berlangsung di Buriram, Thailand tersebut, Ramai Rumakiek berhasil mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-1 Timnas Indonesia.

Pemain berusia 19 tahun itu berhasil mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-16 memanfaatkan umpan silang Anwar Miftah Sani.

Rumakiek yang menerima bola di dalam kotak penalti, mampu mengontrol bola dengan baik dan keluar dari kawalan dua pemain Taiwan sebelum menceploskan bola dengan kaki kirinya.

Gol tersebut menjadi gol pertama Ramai Rumakiek untuk Timnas Indonesia. Hebatnya, gol tersebut ia ciptakan dalam debutnya bersama tim Merah Putih.

Penampilan apik winger Persipura Jayapura ini tak hanya terlihat dari gol semata. Pergerakannya, kecepatannya, serta determinasinya berhasil membuat pertahanan Taiwan kalang kabut.

Hal tersebut membuat Rumakiek lantas menjadi sasaran tekel keras yang membuatnya harus ditandu keluar dan digantikan Egy Maulana Vikri di paruh pertama pertandingan, tepatnya di menit ke-27.

Rumakiek sendiri mendapat panggilan tim nasional seiring penampilan apiknya bersama Persipura. Dalam lima laga bersama Mutiara Hitam, ia mampu mencetak satu gol di kancah BRI Liga 1 2021-2022.

Berikut kami sajikan profil dari Ramai Rumakiek, mutiara baru dari Indonesia Timur.

Biografi dan Profil Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek lahir di Jayapura, Indonesia pada 19 April 2002. Ia lahir dengan nama lengkap Ramai Melvin Rumakiek.

Rumakiek sendiri lahir dari keluarga pesepak bola. Hal ini diketahui mengingat sang kakak yang berusia 3 tahun lebih tua darinya, yakni David Kevin Wato Rumakiek juga merupakan seorang pemain dan tercatat membela Persipura Jayapura.

Rumakiek sendiri memulai karier sepak bolanya dari tim muda Persipura di mana ia tercatat pernah membela tim Mutiara Hitam U-19 selama dua musim.

Dalam dua musim perjalanannya bersama tim muda Persipura, Rumakiek digembleng secara terus menerus hingga akhirnya dipromosikan ke tim utama Mutiara Hitam.

Ia dipromosikan pada 2020 lalu. Namun karena kompetisi terhenti akibat pandemi Covid-19, Rumakiek pun urung unjuk gigi bersama Persipura.

Kesempatannya untuk unjuk gigi pun datang di tahun 2021 ini. Sama seperti di Timnas Indonesia, Rumakiek mencuri perhatian di debut kompetitifnya bersama Persipura.

Dalam debut kompetitifnya bersama Persipura itu, Rumakiek berhasil mencetak gol di laga perdana melawan Persita Tangerang di BRI Liga 1 2021-2022.

Meski keran golnya belum mengucur kembali, Rumakiek terus menjadi andalan Persipura di laga lanjutan di mana ia tampil sebanyak lima kali di kancah liga.

Rumakiek sendiri memiliki gaya permainan yang khas yakni memiliki teknik apik, kecepetan, kontrol bola yang baik dan berkarakter pekerja keras atau punya determinasi tinggi.

Kelebihan yang ia miliki itu membuat Ramai Rumakiek berhasil mencuri perhatian Shin Tae-yong hingga akhirnya ia dipercaya menjadi starter di debutnya bersama Timnas Indonesia.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini