Bolaindonesia

4 Pesepak Bola Indonesia yang Juga Berstatus sebagai Prajurit Aktif TNI

Selain berprofesi sebagai pesepak bola, 4 sosok ini juga prajurit aktif TNI.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Indonesia, Manahati Lestusen. [@manahati55 / Instagram]
Pemain Timnas Indonesia, Manahati Lestusen. [@manahati55 / Instagram]

Bolatimes.com - Sejumlah pesepak bola di Indonesia memiliki profesi lain di samping aktivitas sehari-harinya di atas lapangan. 

Selain sebagai pesepak bola profesional, pemain-pemain ini juga berstatus sebagai anggota TNI Angkatan Darat (AD) Aktif.

Prestasi yang sukses mereka raih di dunia kulit bundar pun mengantarkan mereka menjadi seorang Abdi Negara.

Namun, pemain-pemain ini mendapat kelonggaran tugas di Institusi Militer untuk melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola.

Sebagian besar pemain-pemain yang juga berstatus sebagai prajurit ini bermain untuk klub milik Institusi TNI AD, yakni PS TNI (kini bernama Tira-Persikabo).

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar pesepak bola Indonesia yang juga berstatus sebagai prajurit aktif TNI AD.

1. Manahati Lestusen

Manahati Lestusen merupakan salah satu pesepak bola Indonesia yang juga berstatus sebagai anggota TNI Angkatan Darat (AD) aktif. Saat ini, pangkatnya adalah Sersan Dua.

Pemain serbabisa asal Maluku ini namanya langsung melejit sejak bermain bersama tim Sociedad Anonima Deportivo (SAD) Indonesia pada 2010-2011.

Setelah sepat lulus, Manahati sempat menjalani masa bermain bersama klub Uruguay, Penarol, sebelum bergabung dengan CS Vise.

Saat ini, pemain yang sudah aktif membela timnas sejak di kelompok U-17, U-19, U-23, hingga senior itu berstatus sebagai pemain Tira Persikabo.

2. Wawan Febrianto

Wawan Febrianto memang terkenal sebagai seorang winger yang memiliki kemampuan olah bola yang mumpuni.

Namanya sudah mulai naik ke permukaan saat dipromosikan Pelita Bandung Raya (PBR) dari tim U-21.

Saat ini, pesepak bola kelahiran Pati, Jawa Tengah, itu juga berstatus sebagai anggota TNI AD aktif.

Wawan memang sempat bermain lama bersama PS TNI, sebelum akhirnya klub tersebut berubah nama menjadi PS Tira, hingga kini Tira Persikabo.

Namun, yang terbaru eks-pemain timnas Indonesia U-19 itu berstatus sebagai pemain Borneo FC sejak bergabung pada awal musim 2021/2022.

3. Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu menjadi salah satu pemain penting timnas Indonesia saat tampil pada ajang Piala AFF 2016.

Saat itu, salah satu aksi yang masih diingat publik ialah ketika Abduh melepaskan tendangan keras ke arah bangku cadangan timnas Thailand.

Sebetulnya, Abduh juga sama seperti Manahati. Dia merupakan talenta Indonesia yang berkesempatan berlatih bersama SAD Indonesia pada 2010-2011 silam.

Saat ini, pemain andalan timnas Indonesia di kelompok usia muda itu juga berstatus sebagai prajurit TNI AD aktif.

Yang terbaru, pemain berusia 27 tahun itu memutuskan pindah dari Tira Persikabo menuju klub Liga 2, Persis Solo, pada tahun 2021.

4. Andy Setyo

Andy Setyo merupakan salah satu bek tengah terbaik di Indonesia saat ini. Pemain asal Pati, Jawa Tengah, itu juga berstatus sebagai prajurit TNI AD berpangkat Sersan Dua.

Sebagai seorang bek tengah, postur tubuh Andy Setyo memang terhitung mumpuni. Sebab, tinggi badannya mencapai 180 cm.

Mantan bek timnas Indonesia U-19 dan U-23 itu menghabiskan sebagian besar karier sepak bolanya bersama klub milik TNI AD, yakni Tira Persikabo.

Selain itu, Andy juga dikenal sebagai sosok pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan. Itulah sebabnya, ban kapten sering melingkar di lengannya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini