4 Pesepak Bola Indonesia yang Juga Berstatus sebagai Prajurit Aktif TNI

Selain berprofesi sebagai pesepak bola, 4 sosok ini juga prajurit aktif TNI.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 06 Oktober 2021 | 15:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Manahati Lestusen. [@manahati55 / Instagram]

Pemain Timnas Indonesia, Manahati Lestusen. [@manahati55 / Instagram]

Bolatimes.com - Sejumlah pesepak bola di Indonesia memiliki profesi lain di samping aktivitas sehari-harinya di atas lapangan. 

Selain sebagai pesepak bola profesional, pemain-pemain ini juga berstatus sebagai anggota TNI Angkatan Darat (AD) Aktif.

Prestasi yang sukses mereka raih di dunia kulit bundar pun mengantarkan mereka menjadi seorang Abdi Negara.

Baca Juga: Intan Saumadina Pose Berlatar Pemandangan Papua, Netizen: Manis Banget

Namun, pemain-pemain ini mendapat kelonggaran tugas di Institusi Militer untuk melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola.

Sebagian besar pemain-pemain yang juga berstatus sebagai prajurit ini bermain untuk klub milik Institusi TNI AD, yakni PS TNI (kini bernama Tira-Persikabo).

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar pesepak bola Indonesia yang juga berstatus sebagai prajurit aktif TNI AD.

Baca Juga: Profil Donyell Malen, Pengganti Sepadan Jadon Sancho di Borussia Dortmund

1. Manahati Lestusen

Manahati Lestusen merupakan salah satu pesepak bola Indonesia yang juga berstatus sebagai anggota TNI Angkatan Darat (AD) aktif. Saat ini, pangkatnya adalah Sersan Dua.

Pemain serbabisa asal Maluku ini namanya langsung melejit sejak bermain bersama tim Sociedad Anonima Deportivo (SAD) Indonesia pada 2010-2011.

Baca Juga: Michael Jordan Lebih Kaya daripada Gabungan Harta Messi dan Ronaldo

Setelah sepat lulus, Manahati sempat menjalani masa bermain bersama klub Uruguay, Penarol, sebelum bergabung dengan CS Vise.

Saat ini, pemain yang sudah aktif membela timnas sejak di kelompok U-17, U-19, U-23, hingga senior itu berstatus sebagai pemain Tira Persikabo.

2. Wawan Febrianto

Baca Juga: Rumor Transfer: Manchester City Siap Bajak Mohamed Salah dari Liverpool

Wawan Febrianto memang terkenal sebagai seorang winger yang memiliki kemampuan olah bola yang mumpuni.

Namanya sudah mulai naik ke permukaan saat dipromosikan Pelita Bandung Raya (PBR) dari tim U-21.

Saat ini, pesepak bola kelahiran Pati, Jawa Tengah, itu juga berstatus sebagai anggota TNI AD aktif.

Wawan memang sempat bermain lama bersama PS TNI, sebelum akhirnya klub tersebut berubah nama menjadi PS Tira, hingga kini Tira Persikabo.

Namun, yang terbaru eks-pemain timnas Indonesia U-19 itu berstatus sebagai pemain Borneo FC sejak bergabung pada awal musim 2021/2022.

3. Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu menjadi salah satu pemain penting timnas Indonesia saat tampil pada ajang Piala AFF 2016.

Saat itu, salah satu aksi yang masih diingat publik ialah ketika Abduh melepaskan tendangan keras ke arah bangku cadangan timnas Thailand.

Sebetulnya, Abduh juga sama seperti Manahati. Dia merupakan talenta Indonesia yang berkesempatan berlatih bersama SAD Indonesia pada 2010-2011 silam.

Saat ini, pemain andalan timnas Indonesia di kelompok usia muda itu juga berstatus sebagai prajurit TNI AD aktif.

Yang terbaru, pemain berusia 27 tahun itu memutuskan pindah dari Tira Persikabo menuju klub Liga 2, Persis Solo, pada tahun 2021.

4. Andy Setyo

Andy Setyo merupakan salah satu bek tengah terbaik di Indonesia saat ini. Pemain asal Pati, Jawa Tengah, itu juga berstatus sebagai prajurit TNI AD berpangkat Sersan Dua.

Sebagai seorang bek tengah, postur tubuh Andy Setyo memang terhitung mumpuni. Sebab, tinggi badannya mencapai 180 cm.

Mantan bek timnas Indonesia U-19 dan U-23 itu menghabiskan sebagian besar karier sepak bolanya bersama klub milik TNI AD, yakni Tira Persikabo.

Selain itu, Andy juga dikenal sebagai sosok pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan. Itulah sebabnya, ban kapten sering melingkar di lengannya.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak