Bolaindonesia

Kisah Theerathon Bunmathan, Dulu Digocek Andik Kini Bersinar di Liga Jepang

Theerathon Bunmathan sempat dibuat pusing oleh Andik Vermansah ketika Indonesia bersua Thailand di SEA Games 2011. Bahkan, Teerathon sampai dikartu merah demi menghentikan Andik

Irwan Febri Rialdi

Theerathon Bunmathan berduel dengan Hulk. (Karim Jaafar/AFP)
Theerathon Bunmathan berduel dengan Hulk. (Karim Jaafar/AFP)

Bolatimes.com - Theerathon Bunmathan cukup familiar di Asia Tenggara. Khusus buat fan Timnas Indonesia, mungkin penggawa asal Thailand ini tak asing.

Theerathon memang bagian dari Timnas Thailand. Aksinya di pos bek kiri, memang bikin pendukung Merah Putih dibuat geram tatkala kedua negara ini bertemu di ajang Piala AFF, Kualifikasi Piala Dunia, dan event Asia lainnya. 

Nama Theerathon juga mudah diingat karena aksinya menekel Andik Vermansah ketika Indonesia bersua Thailand di SEA Games 2011. Dia bahkan mendapat kartu kuning kedua karena menjatuhkan Andik saat waktu baru berjalan 14 menit.

Tapi tinggalkan dulu masalah rivalitas Indonesia vs Thailand. Mari kita membicarakan Theerathon di klubnya, Vissel Kobe.

Jika Anda tahu klub asal Jepang tersebut, Vissel Kobe adalah tim di mana legenda Barcelona, Andres Iniesta, bermain. Pada 2018, pencetak gol di final Piala Dunia 2010 itu datang dari Barcelona.

Pada musim yang sama, Theerathon juga berlabuh di sana sebagai pemain pinjaman dari Muangthong Unuted. Artinya, dia satu tim dengan sosok Iniesta yang sudah punya sederet prestasi di Eropa.

Bukan hanya Iniesta, sebelum kedatangannya, eks bomber Bayern Muenchen, Lucas Podolski, sudah lebih dulu berlabuh di sana. Artinya, Theerathon bermain dengan 2 pemain yang pernah mentas di Piala Dunia.

Namun, Theerathon hanya satu musim bersama Vissel Kobe. Sehabis kontrak peminjaman, pemain 31 tahun itu dipinjamkan kembali ke Yokohama F. Marinos.

Di Yokohama, Theerathon mendapatkan kado istimewa. Di pengujung musim 2019, ia turut andil membawa Yokohama juara J League.

Terkini, Yokohama sudah mempermanenkan servis pemain kelahiran 6 Februari 1990 ini. Melihat rekam jejaknya, sejak kedatangannya mengisi pos bek kiri, Theerathon selalu menjadi andalan.

Kontributor: Kusuma Alan

Berita Terkait

Berita Terkini