Bolaindonesia

Jenis-jenis Rumput Lapangan Sepak Bola, Cynodon Dactylon Paling Standar

Ada tiga jenis rumput yang paling umum digunakan untuk lapangan sepak bola. Simak penjelasannya

Irwan Febri Rialdi

Petugas sarana dan prasarana umum PT Jakarta Propertindo (Perseroda) melakukan perawatan rumput lapangan latih di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (25/6/2021). [Antara/Perseroda]
Petugas sarana dan prasarana umum PT Jakarta Propertindo (Perseroda) melakukan perawatan rumput lapangan latih di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (25/6/2021). [Antara/Perseroda]

Bolatimes.com - Tahukah kalian bahwa jenis-jenis rumput lapangan sepak bola itu berbeda-beda? Apa saja, bagaimana sifatnya, berikut penjelasannya.

Jenis-jenis rumput lapangan sepak bola

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap lapangan sepak bola yang sesuai dengan standar pasti menggunakan rumput khusus sebagai pelapis tanahnya, hal ini dilakukan karena rumput memiliki pengaruh besar terhadap berjalannya sebuah pertandingan sepak bola.

Oleh karena itu pada stadion yang biasa dipakai untuk pertandingan sepak bola dalam skala internasional pasti menggunakan rumput dengan kualitas terbaik, kualitas rumput juga menjadi salah satu indikator kualitas sebuah lapangan sepak bola.

Berikut adalah jenis-jenis rumput khusus yang digunakan pada lapangan sepak bola:

1.       Zoysia matrella (ZM)

Jenis rumput yang pertama ini adalah rumput terbaik dibandingkan dengan jenis rumput lainnya, rumput ini berwarna lebih hijau dengan daun runcing dan bersifat lebih elastis. Hal ini tentunya membuat aliran bola dapat berjalan dengan mulus.

2.       Cynodon dactylon (CD)

Jenis rumput yang kedua ini merupakan jenis rumput yang paling standar pada lapangan sepak bola, rumput Cynodon dactylon biasa juga disebut sebagai rumput bermuda.

Rumput ini memiliki kualitas yang hampir sama dengan rumput ZM, namun bagian akar rumput ini bersifat lebih rapuh sehingga lebih mudah rusak.

3.       Axonopus compressus (AC)

Jenis rumput yang terakhir ini memiliki bentuk yang lebih lebar dibandingkan dengan dua jenis rumput lainnya, umumnya rumput ini kita jumpai pada taman-taman kota. Karena memiliki bentuk yang lebih lebar membuat rumput ini lebih mudah rusak jika terkena pul sepatu, rumput ini juga disebut dengan rumput gajah.

Demikian adalah ulasan tentang jenis rumput yang digunakan dalam lapangan.

Kontributor: Dhea Alif Fatikha

Berita Terkait

Berita Terkini