Bolaindonesia

Profil Ian Andrew, Eks Klub Malaysia yang Jadi Pelatih Baru PSIS Semarang

Ian Andrew menjadi pengganti Dragan Djukanovic

Irwan Febri Rialdi

Ian Andrew. (Dok. PSIS)
Ian Andrew. (Dok. PSIS)

Bolatimes.com - PSIS Semarang resmi menunjuk nama Ian Andre Gillan sebagai pelatih baru mereka untuk mengarungi Liga 1 2021.

Ian menggantikan Dragan Djukanovic yang mundur sebelum Liga 1 2021 bergulir. CEO PSIS Semarang A.S. Sukawijaya, berharap Ian bisa mengangkat prestasi tim kebangaan Ibu Kota Jawa Tengah itu.

Ian dinilai memiliki banyak pengalaman karena pernah melatih tim-tim di Asia Tenggara mulai dari Filipina hingga Malaysia.

"Setelah menjalani proses seleksi yang panjang, manajemen akhirnya memutuskan menunjuk Ian Andrew Gillian sebagai pelatih," kata CEO PSIS Semarang A.S. Sukawijaya dalam siaran pers di Semarang, Jumat (17/9/2021).

Seperti apa sosok Ian Andrew sesungguhnya? Berikut profil Ian Andrew yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Profil Ian Andrew

Ian Andrew Gillan merupakan sosok kelahiran Aberdeen, Skotlandia, pada 16 Januari 1965. Ketika masih aktif bermain dulu, Ian Andrew berposisi sebagai gelandang.

Dia tercatat pernah bermain di tim asal Australia, Dulwich Hill, pada 1992. Setelah pensiun, dia memulai karier sebagai pelatih pada tahun 2000.

Ian memulainya sebagai pelatih tim U-19 St George, sebuah tim semi-pro di Australia. Kebanyakan Ian memulai kariernya sebagai pelatih di Australia.

Di dia pernah menjadi staf pelatih beberapa klub seperti Ryde City, Penrith Nepean United, hingga Fraser Park.

Pada tahun 2010-2013, Ian Andrew Gillan juga pernah menjadi staf pelatih di Perth Glory FC, Australia.

Ian Andrew Gillan juga pernah menjadi direktur teknik Kedah FA Malaysia pada tahun 2015 setelah di tahun 2014 menjadi asisten pelatih tim senior.

Pada 2017, Ian Andrew Gillan kemudian menjadi pelatih kepala Ilocos United di Liga Filipina. Ian Andrew Gillan Dia juga pernah menjadi pelatih kepala Sarawak FA di Liga Malaysia pada tahun 2018-2019.

Pada tahun 2020, Ian kembali ke Malaysia untuk menjadi pelatih Kedah FA Malaysia. Ian Andrew lantas melanjutkan kariernya di Indonesia dan PSIS menjadi tim pertama yang dilatih olehnya di sepak bola Tanah Air.

Berita Terkait

Berita Terkini