Bolaindonesia

Deretan Pemain Thailand yang Pernah Bermain di Liga Indonesia

Dulu, Liga Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi pemain-pemain Thailand

Irwan Febri Rialdi

Kiper Timnas Thailand dan Eks Persib Bandung, Sinthaweechai Hathairattanakool Gantung Sepatu. (Thai League)
Kiper Timnas Thailand dan Eks Persib Bandung, Sinthaweechai Hathairattanakool Gantung Sepatu. (Thai League)

Bolatimes.com - Kompetisi sepak bola Indonesia pernah menjadi destinasi yang cukup banyak dituju oleh para pemain asing, khususnya Asia Tenggara seperti Thailand.

Bahkan tidak sedikit para pemain Thailand tersebut merupakan penggawa Timnas Thailand maupun U-23. Ini menunjukkan bahwa kompetisi Indonesia pernah punya pamor yang bagus.

Lantas, siapa saja pemain Thailand yang pernah mengadu nasib di sepak bola Tanah Air.

1. Pradith Thawechai

Thawechai tercatat sebagai pemain Thailand pertama yang merumput di Liga Indonesia. Dia bergabung dengan Persib Bandung pada 2004 silam.

Sosok 7 Februari 1979 tersebut bermain di posisi full back kanan. Bersama Maung Bandung, dia hanya bertahan satu tahun. Persib melepasnya ke klub Singapura, Tampines Rovers pada 2005.

2. Wasan Sankpurn

Persik Kediri masuk ke dalam daftar klub Indonesia yang pernah merekrut pemain Thailand. Adalah Wasan Sankpurn yang bergabung ke Persik pada 2005.

Namun, penampilan Sankpurn yang tak maksimal membuat Persik Kediri akhirnya mengakhiri kontrak di tengah jalan.

3. Nipont Chanarwut

Menyusul Thawechai, Persib lantas merekrut pemain Thailand lainnya, Nipont Chanarwut pada 2005. Nipont yang berposisi sebagai stopper ini sempat mendapat pujian dari pelatih Persib Bandung saat itu Risnandar Soendoro.

4. Sinthaweechai Hathairattanakool

Bagi publik sepak bola Indonesia dan Persib Bandung khususnya, nama Sinthaweechai bisa dibilang sebagai pemain idola. Sosok yang biasa disapa Kosin ini bermain untuk Persib di Liga Indonesia 2005/06.

Kosin bermain sebanyak 33 kali di musim tersebut dan langsung jadi idola Bobotoh. Ia lalu pindah ke Chonburi FC, namun sempat dipinjamkan lagi ke Persib pada 2009 dengan tampil 14 kali.

5. Suchao Nuchnum

Tak cuma Kosin, di tahun 2009 Persib juga kedatangan satu lagi pemain Thailand, Suchao Nuchnum. Kosin bahkan disebut menjadi penerjemah Suchao saat itu karena tidak bisa berbahasa Inggris.

Nuchnum hanya bermain tiga bulan di Persib dengan mengoleksi 3 gol dari 13 pertandingan, salah satu golnya menjadi penentu kemenangan saat melawan Pelita Jaya. Setelah dari Persib, Suchao Nuchnum kembali ke Thailand untuk membela Buriram United.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini