Deretan Pemain Thailand yang Pernah Bermain di Liga Indonesia

Dulu, Liga Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi pemain-pemain Thailand

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 10 September 2021 | 19:49 WIB
Kiper Timnas Thailand dan Eks Persib Bandung, Sinthaweechai Hathairattanakool Gantung Sepatu. (Thai League)

Kiper Timnas Thailand dan Eks Persib Bandung, Sinthaweechai Hathairattanakool Gantung Sepatu. (Thai League)

Bolatimes.com - Kompetisi sepak bola Indonesia pernah menjadi destinasi yang cukup banyak dituju oleh para pemain asing, khususnya Asia Tenggara seperti Thailand.

Bahkan tidak sedikit para pemain Thailand tersebut merupakan penggawa Timnas Thailand maupun U-23. Ini menunjukkan bahwa kompetisi Indonesia pernah punya pamor yang bagus.

Lantas, siapa saja pemain Thailand yang pernah mengadu nasib di sepak bola Tanah Air.

Baca Juga: Deretan Pemain Keturunan Indonesia yang Berkarier di Liga Qatar

1. Pradith Thawechai

Thawechai tercatat sebagai pemain Thailand pertama yang merumput di Liga Indonesia. Dia bergabung dengan Persib Bandung pada 2004 silam.

Sosok 7 Februari 1979 tersebut bermain di posisi full back kanan. Bersama Maung Bandung, dia hanya bertahan satu tahun. Persib melepasnya ke klub Singapura, Tampines Rovers pada 2005.

Baca Juga: Khuwailid Mustafa, Gelandang asal Aceh yang Pernah Juara di Liga Qatar

2. Wasan Sankpurn

Persik Kediri masuk ke dalam daftar klub Indonesia yang pernah merekrut pemain Thailand. Adalah Wasan Sankpurn yang bergabung ke Persik pada 2005.

Namun, penampilan Sankpurn yang tak maksimal membuat Persik Kediri akhirnya mengakhiri kontrak di tengah jalan.

Baca Juga: Kisah Scott Carson, Baru Sekali Tampil di EPL sejak 10 Tahun Terakhir

3. Nipont Chanarwut

Menyusul Thawechai, Persib lantas merekrut pemain Thailand lainnya, Nipont Chanarwut pada 2005. Nipont yang berposisi sebagai stopper ini sempat mendapat pujian dari pelatih Persib Bandung saat itu Risnandar Soendoro.

4. Sinthaweechai Hathairattanakool

Baca Juga: 5 Klub Terbaik Asia Sepanjang Masa, Ada Eks Klub Shin Tae-yong

Bagi publik sepak bola Indonesia dan Persib Bandung khususnya, nama Sinthaweechai bisa dibilang sebagai pemain idola. Sosok yang biasa disapa Kosin ini bermain untuk Persib di Liga Indonesia 2005/06.

Kosin bermain sebanyak 33 kali di musim tersebut dan langsung jadi idola Bobotoh. Ia lalu pindah ke Chonburi FC, namun sempat dipinjamkan lagi ke Persib pada 2009 dengan tampil 14 kali.

5. Suchao Nuchnum

Tak cuma Kosin, di tahun 2009 Persib juga kedatangan satu lagi pemain Thailand, Suchao Nuchnum. Kosin bahkan disebut menjadi penerjemah Suchao saat itu karena tidak bisa berbahasa Inggris.

Nuchnum hanya bermain tiga bulan di Persib dengan mengoleksi 3 gol dari 13 pertandingan, salah satu golnya menjadi penentu kemenangan saat melawan Pelita Jaya. Setelah dari Persib, Suchao Nuchnum kembali ke Thailand untuk membela Buriram United.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak