Bolaindonesia

Rachmat Irianto Ditunjuk sebagai Kapten Persebaya di Liga 1 2021

Rachmat memiliki semua hal yang diperlukan untuk menjadi pemimpin tim.

Rauhanda Riyantama

Bek Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto. (Dok. Persebaya).
Bek Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto. (Dok. Persebaya).

Bolatimes.com - Persebaya Surabaya telah menunjuk kapten tim untuk Liga 1 2021. Mengejukannya, ban kapten tersebut diberikan kepada bek muda berusia 22 tahun, Rachmat Irianto.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso mengatakan bahwa meski umurnya masih muda, Rachmat memiliki semua hal yang diperlukan untuk menjadi pemimpin tim. Ia pun berharap Rachmat bisa menjadi contoh di dalam maupun luar lapangan.

"Tidak ada masalah dengan umur. Yang penting adalah dia bisa menjadi contoh bagi pemain lain, baik di dalam maupun luar lapangan. Tentu mesti punya kemampuan memimpin dan sepak bola yang baik," ujar Aji, dilansir dari Suara.com.

Juru taktik asal Malang itu menyebut bahwa Rian, sapaan Rachmat Irianto, akan dibantu kapten cadangan, tetapi dia tak menyebutkan siapa saja sosok tersebut.

Menjadi kapten Persebaya akan menjadi pengalaman pertama bagi Rachmat. Pada tahun 2020, dia bersama Hansamu Yama sempat menjadi kapten cadangan di bawah kapten pertama Makan Konate.

Rian sendiri siap memikul tanggung jawab sebagai kapten. Pemain yang bisa mengisi posisi bek tengah dan gelandang bertahan ini pun bertekad membantu Persebaya menang atas Borneo FC dalam laga perdana mereka di Liga 1 2021-2022, Sabtu (4/9).

Selain posisi barunya, hal lain yang memotivasi pemain tim nasional Indonesia itu untuk meraup tiga poin adalah kelahiran anak pertama dan ulang tahunnya.

Putra Rachmat Irianto lahir pada 8 Agustus 2021 dan hari ulang tahunnya ke-22 jatuh pada 3 September 2021 atau sehari sebelum laga versus Borneo FC.

"Saya sudah punya anak dan hari ini bertambah usia. Mudah-mudahan besok saya mendapatkan kado tiga poin," tutur anak dari asisten pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro itu.

Pertandingan Borneo FC vs Persebaya akan berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Sabtu (4/9), mulai pukul 18.15 WIB.

Sejak tahun 2018, kedua tim sudah empat kali bersua dan masing-masing dari mereka mencatatkan satu kemenangan.

Terakhir kali Borneo dan Persebaya bersua adalah di Liga 1 Indonesia 2019. Saat itu, Persebaya menang 2-1 pada pertemuan pertama dan laga kedua berakhir imbang 0-0.

Berita Terkait

Berita Terkini