Bolaindonesia

Profil Shin Sang-gyu, Calon Pelatih Fisik Baru Timnas Indonesia

Nama Shin Tae-yong sudah diajukan oleh Shin Tae-yong ke PSSI

Irwan Febri Rialdi

 Shin Sang-gyu. (Dok. KFA)
Shin Sang-gyu. (Dok. KFA)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengajukan nama Shin Sang-gyu untuk menjadi asistennya kepada PSSI.

Shin Sang-gyu menjadi salah satu di antara tiga nama asisten pelatih yang diajukan Shin Tae-yong. Dua nama lain ialah Kim Bong-soo dan Dzenan Radoncic.

Ketiga nama tersebut disampaikan Shin Tae-yong kepada PSSI pada rapat yang digelar di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (26/8/2021).

Pada rapat tersebut, PSSI diwakili oleh dua anggota Komite Eksekutif (Exco) Haruna Soemitro dan Endri Erawan.

Dalam pertemuan itu, hadir pula Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri, dan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Maaike Ira Puspita.

Sementara itu, Shin Tae-yong didampingi oleh penerjemahnya, Yoo Jae-hoon, dan analis Kim Jong-jin.

Ketiga nama yang diajukan oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut tak terlepas dari mundurnya tiga asisten sebelumnya, yakni Kim Hae-won, Lee Jae-hong, dan Kim Woo-jae.

Endri Erawan mengatakan, ketiga nama pemain yang diajukan Shin Tae-yong tersebut akan dibahas dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Rapat ini akan menentukan apakah ketiga nama tersebut layak diangkat menjadi asisten pelatih timnas Indonesia.

“Tiga nama yang diajukan yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic, untuk menjadi asisten pelatih timnas Indonesia,” kata Endri Erawan.

“Tentu kami akan memutuskan melalui rapat Exco PSSI apakah tiga orang tersebut layak menjadi asisten pelatih timnas Indonesia,” ia melanjutkan.

Profil Shin Sang-gyu

Kemungkinan besar, Shin Sang-gyu akan menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh pelatih fisik sebelumnya, Lee Jae-hong.

Dari informasi yang dihimpun, Shin Sang-yu pernah menjabat sebagai pelatih fisik timnas Korea Selatan U-23 pada Asian Games 2014.

Setelah itu, Shin Sang-gyu juga sempat membantu Shin Tae-yong ketika mengasuh timnas Korea Selatan yang tampil di Olimpiade Rio 2016.

Setelah itu, Shin Sang-gyu mendapat tugas untuk menggenjot fisik pemain timnas putri Korea Selatan U-20.

Ketika itu, timnas putri Korsel U-20 tengah bertanding pada ajang Piala Dunia U-20 2016. Shin Sang-gyu juga tercatat sebagai pelatih fisik klub K-League 1, FC Seoul. 

Sedangkan kariernya di luar negeri juga pernah terjadi ketika bertugas sebagai pelatih fisik di timnas China.

Selain itu, dari data yang dikutip dari Transfermarkt, Shin Sang-gyu berasal dari Korea Selatan dan lahir pada 6 Juni 1986.

Sebelum diajukan sebagai pelatih fisik timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong, Shin Sang-gyu tercatat sebagai pelatih fisik di klub kasta kedua Liga China, Chengdu Rongcheng.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini