Bolaindonesia

3 Klub Liga 2 yang Pernah Melakukan Pertandingan Tur Eropa

Terbaru ada Rans Cilegon FC.

Rauhanda Riyantama

mitra kukar/instagram
mitra kukar/instagram

Bolatimes.com - Klub-klub Indonesia biasanya melakukan uji coba dengan menghadapi tim lokal. Namun beberapa klub dari Liga 2 ini mampu melakukan tur Eropa untuk bertanding.

Tur ke Eropa untuk melakoni laga uji coba bukanlah hal biasa bagi klub-klub Indonesia. Selain karena persoalan akomodasi yang akan menelan banyak biaya, juga dikarenakan perlunya koneksi untuk beruji tanding melawan tim di benua biru.

Malah kebanyakan, tim-tim Eropa yang berkunjung ke Indonesia dan beruji coba dengan tim Tanah Air seperti Hamburg SV, Ajax Amsterdam dan juga Arsenal.

Meski banyak rintangan yang dihadapi seperti koneksi dan biaya besar, nyatanya ada saja beberapa klub Indonesia yang mencicipi tur Eropa.

Hebatnya lagi, tim-tim tersebut bukanlah tim berstatus tim papan tradisional Indonesia melainkan tim yang berasal dari kasta kedua atau Liga 2.

Lantas, siapa saja tim tersebut? Berikut daftarnya.

1. Rans Cilegon FC

RANS Cilegon FC umumkan 30 pemin siap berlaga di Liga 2, dalam konferensi pers, di event Indonesia International Motor Show (IIMS) JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Jumat (23/4/2021). (ANTARA/Arindra Meodia)
RANS Cilegon FC umumkan 30 pemin siap berlaga di Liga 2, dalam konferensi pers, di event Indonesia International Motor Show (IIMS) JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Jumat (23/4/2021). (ANTARA/Arindra Meodia)

Sepak bola Indonesia sempat dibuat gempar dengan kabar bahwa Rans Cilegon FC akan beruji tanding di Eropa, tepatnya di Turki.

Kabar ini pun dikonfirmasi oleh Rans Cilegon FC pada 16 Agustus 2021 lalu. Disebutkan bahwa tim milik Raffi Ahmad ini diundang beruji tanding.

Agenda ini ternyata karena adanya undangan dari Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Turki (TGA) yang dibawahi Kementerian Pariwisata Turki.

Rans Cilegon FC sendiri akan menjalani pemusatan latihan di Turki dan dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan melawan Fenerbahce U-19 dan Konyaspor.

2. Mitra Kukar

Klub Liga 2 calon klub Ibu kota, Mitra Kukar. [@mitrakukarfc.official / Instagram]
Klub Liga 2 calon klub Ibu kota, Mitra Kukar. [@mitrakukarfc.official / Instagram]

Pada 2013 silam, Indonesia juga digemparkan dengan kabar Mitra Kukar beruji tanding di Spanyol dengan membawa nama Indonesia XI.

Klub asal Kutai Kartanegara itu beruji tanding melawan tim-tim bernama besar seperti Atletico Madrid, Valencia, Villarreal, Espanyol dan Barcelona B.

Di laga itu, para pemain Mitra Kukar berkesempatan melawan pemain bernama besar seperti David Villa, Arda Turan, Paco Alcacer dan Ever Banega.

Dalam kunjungan tersebut, Mitra Kukar selalu tumbang dan kekalahan terbesar yang dialami adalah kala melawan Villarreal di mana Naga Mekes takluk dengan skor 0-13.

3. Pro Duta FC

Pro Duta FC pun pernah mencicipi tur Eropa dalam agenda bertajuk Dare to Dare sebagai cara mendapat pengakuan sebagai sebuah klub profesional pada 2013 silam.

Dalam tur ini, Pro Duta FC menghadapi tim TSV Winsen, Hamburg SV, Hamburg SV U-23, dan AS Roma Primavera.

Tak hanya tim senior, di tahun 2015 Pro Duta FC mengirim tim U-19 nya untuk bertanding di ajang internasional bertajuk Viareggio Cup.

Di kompetisi itu, Pro Duta FC U-19 masuk dalam grup V dan melawan tim-tim besar seperti Inter Milan, Parma dan KRC Genk.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

Berita Terkait

Berita Terkini