Bolaindonesia

Profil Borneo FC, Klub yang Baru Berusia Tujuh Tahun

Borneo FC ulang tahun ketujuh pada 7 Maret.

Rauhanda Riyantama

Suasana latihan tim Borneo FC jelang pertandingan di Liga 1 2019. [BorneoFC.id/capture]
Suasana latihan tim Borneo FC jelang pertandingan di Liga 1 2019. [BorneoFC.id/capture]

Bolatimes.com - Borneo FC merupakan salah satu klub sepak bola yang berasal dari kota Samarinda, Kalimantan Timur yang bermain di Liga 1. Borneo FC berdiri setelah mengakuisisi Perseba Super Bangkalan pada 7 Maret 2014.

Dari akuisisi tersebut, Borneo FC masuk sebagai salah satu klub asal Kalimantan yang berlaga di kompetisi teratas liga di Indonesia. Berikut profil Borneo FC.

Awal Berdiri

Borneo FC didirikan pada tanggal 7 Maret 2014 oleh Nabil Husein Said Amin yang sebelumnya merupakan Ketua Koordinator Wilayah Pusamania di Malaysia (Pusamalaya).

Ia bersama PT Nahusam Pratama Indonesia ingin kembali membawa kejayaan sepak bola Kota Samarinda di Indonesia. Awal mula pembentukkan klub Borneo FC ini berasal dari kelompok suporter Pusamania yang tidak puas dengan terhadap klub sebelumnya yang tidak kunjung mendapatkan prestasi.

Nama Borneo muncul saat berlaga pada Divisi Utama Liga Indonesia pada tahun 2014 setelah melakukan akusisi terhadap klub Perseba Super Bangkalan, Madura. Jajaran direksi PBFC bertujuan untuk mengharumkan dan mengangkat nama Kalimantan di sepak bola nasional dan internasional dengan menggunakan nama Borneo pada klub.

Pada tahun 2014 juga, menjadi awal mula Borneo FC berlaga di kompetisi sepak bola Indonesia. Borneo FC meraih juara pada Indonesia Super League setelah mengalahkan Persiwa Wamena pada partai final.

Kiprah Borneo FC dalam Sepak Bola Indonesia

Namun pada tahun 2015, langkah Borneo FC terhenti setelah PSSI dan berbagai kompetisi dibekukan oleh Menpora. Pada tahun itu juga, Borneo FC mengikuti beberapa ajang seperti Piala Presiden 2015 yang terhenti pada babak 8 besar dan Piala Jenderal Sudirman 2015 hingga tembus babak semifinal.

Pada tahun 2016, Borneo FC kembali menambah koleksi trofi setelah menjuarai Piala Gubernur Kalimantan Timur 2016 dengan mengalahkan Madura United dengan skor 1-0 pada babak perpanjangan waktu. Borneo FC juga mengikuti turnamen Piala Bhayangkara yang kemudian gagal lolos pada fase grup. Tak lama, Borneo FC mengikuti kompetisi tidak resmi Indonesia Soccer Championship (ISC) yang kemudian bertengger pada peringkat ke-9.

Pada tahun 2017, Pusamania Borneo FC kemudian berganti nama Borneo FC pada kompetisi Liga 1. Liga 1 2017 ini merupakan kompetisi resmi pertama bagi Borneo FC setelah promosi pada tahun 2014. Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 2017 ini, perjuangan Borneo FC berakhir di peringkat ke-8 klasemen.

Suporter Borneo FC

Borneo FC memiliki julukan nama suporter yang mendukung kesebelasan Borneo FC bernama Pusamania. Pusamania memiliki kedekatan dengan beberapa suporter klub lainnya seperti Aremania, The Jak Mania, Barito Mania. Pusamania senantiasa hadir dan mendukung di setiap pertandingan Borneo FC. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini