Bolaindonesia

Profil PSIS Semarang: Sejarah hingga Komposisi Pemain untuk Liga 1 2021

Berikut ulasan lengkap soal PSIS Semarang.

Rauhanda Riyantama

Pemain PSIS Semarang, Bruno Silva merayakan gol ke gawang Persipura Jayapura (dok psis)
Pemain PSIS Semarang, Bruno Silva merayakan gol ke gawang Persipura Jayapura (dok psis)

Bolatimes.com - PSIS Semarang melekat sebagai salah satu kuda hitam dan menciptakan banyak kejutan setiap musim Liga 1. Klub berjuluk Laskar Mahesa Jenas ini sukses mentas ke kasta tertinggi sejak tahun 2017.

PSIS Semarang menjelma menjadi tim yang mampu menyandung tim-tim besar lainnya. Seperti apa profil PSIS Semarang, Klub Liga 1 2021 ini, simak ulasan berikut ini yang dirangkum dari beberapa sumber.

Profil PSIS Semarang

PSIS Semarang merupakan salah satu klub profesional yang didirikan pada 18 Mei 1932. Cikal bakal nama PSIS Semarang berasal dari perkumpulan Tots Ons Doel (TOD) yang berganti nama menjadi PS Sport Stal Spieren (SSS). Selanjutnya berganti nama menjadi Voetbalbond Indonesia Semarang sebelum resmi menjadi Persatuan Sepak Bola Semarang Indonesia (PSIS).

PSIS Semarang meraih juara Divisi Utama pada 1999 lalu. Sempat mengalami pasang surut, klub yang bermarkas di Stadion Jatidiri ini telah bertengger di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1.

PSIS Semarang juga tercatat sebagai klub ketiga yang pernah menjuarai Liga Perserikatan 1987 dan Divisi Utama Liga Indonesia setelah Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Menjelang Liga 1 2021

Pada ajang Piala Menpora beberapa waktu lalu, PSIS Semarang tampil sebagai salah satu skuad dengan produktifitas gol cukup tinggi dengan Sembilan gol dari 4 laga yang dijalani. Karakter menyerang selalu ditekankan pelatih Dragan Djukanovic untuk semua kompetisi yang akan dilakoni PSIS.

Salah satu kontestan Liga 1 Indonesia 2021 ini juga akan bersiap mengerahkan skuad terbaiknya untuk kompetisi di bulan Juli mendatang. Klub dengan nama julukan Laskar Mahesa Jenar ini memiliki beberapa pemain pilar seperti Septian David Maulana, Hari Nur Yulianto, Wallace Costa, dan Bruno Silva.

Bersama Dragan Djukanovic, pelatih yang sekarang, skuad Mahesa Jenar dihiasi dengan kehadiran pemain baru yang masih muda dan masuk ke tim utama. PSIS pada tahun 2021 nampaknya akan mengorbit pemain dari Elite Pro Academy (EPA) yang terbukti berpotensi dan bersinar bersama PSIS EPA tahun 2019 lalu. Ada nama-nama seperti Pratama Arhan Alif Rifai, Alfeandra Dewangga, Eka Febri, Bahril Fahreza, Damas, Risky Fajar, Farrel Arya dan lainnya akan merasakan debut di Liga 1 2021.

Sejumlah nama pemain asing juga akan bergabung ke PSIS Semarang sesuai kriteria klub. Seperti mantan gelandang Persebaya, Diogo Campos dan mantan gelandang Persipura Jayapura, Thiago Amaral.

Kolaborasi PSIS yang melibatkan pemain junior, senor, dan asing ini menjadikannya sebagai tim yang solid dan kuat.

Skuad Semetara PSIS Semarang

Kiper: Jandia Eka Putra, Joko Ribowo, Arifin Setyadi

Belakang: Fredyan Wahyu Sugiantoro, Wallace Costa, M. Rio Saputro, Pratama Arhan, Riyan Ardiyansyah, Kartika Vedhayanto, Alfeandra Dewangga, Syiha Budin, Frendi Saputra. Aqsha Saniskara
Tengah: Jonathan Cantillana, Finky Pasamba, Eka Febri, Fandi Eko Utomo, Damas Damar Jati, Raka Askara, Fandi Eko Utomo, Septian David Maulana, Reza Irfana

Depan: Bruno Silva, Hari Nur Yulianto, Komarudin, Andreas Ado, Farrel Arya, Adithya Jorry, Bahril Fahreza, Risky Fajar.

Itulah profil PSIS Semarang menjelang kompetisi bergengsi Indonesia, Liga 1 2021. Mari nantikan aksi gigih klub dengan komunitas suporter Panser Biru dan Snex Mania ini.

Kontributor: Yulia Kartika Dewi

Berita Terkait

Berita Terkini