Bolaindonesia

Profil Persis Solo, Klub Liga 2 yang Diakuisisi Anak Presiden Jokowi

Simak ulasan profil Persis Solo berikut ini.

Rauhanda Riyantama

Skuat Persis Solo di Liga 2 2018. (Dok. Persis).
Skuat Persis Solo di Liga 2 2018. (Dok. Persis).

Bolatimes.com - Kabar tak sedap datang dari gelaran Piala Wali Kota Solo. Turnamen yang digadang jadi pemanasan Liga 1 2021 itu harus ditunda sehari jelang kick off pada 29 Juli akibat meningkatnya kasus Covid-19.

Piala Wali Kota Solo seharusnya diikuti oleh delapan klub yang berasal dari Liga 1 dan Liga 2. 

Salah satu klub peserta Piala Wali Kota Solo 2021 adalah Persis Solo. Persis Solo akan menjadi salah satu klub Liga 2 yang akan memulai pertandingan perdana Piala Wali Kota Solo 2021 pada Selasa (29/6/2021) melawan AHHA PS Pati.

Setelah pertandingan pramusim, Persis Solo akan menghadapi Liga 2 2021 yang akan dimulai 2 minggu setelah kick-off Liga 1 2021 yang akan dijadwalkan pada 9 Juli mendatang. Artinya Persis Solo akan menjalani kick-off Liga 2 pada akhir bulan Juli 2021 mendatang.

Lantas bagaimana profil Persis Solo yang akan memulai Liga 2 hingga diakuisisi oleh Anak Presiden. Simak ulasannya berikut ini.

Profil Persis Solo

Persis Solo (Persatuan Sepak Bola Indonesia Solo) merupakan salah satu klub sepak bola yang berbasis di kota Solo. Skuad Laskar Samber Nyawa (julukan Persis Solo) ini didirikan pada tanggal 8 November 1923.

Klub ini awalnya bernama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB) yang didirikan oleh Sastrosaksono, Reksodiprojo dan Sutarman. Pada tahun 1933, VVB kemudian berganti nama menjadi Persatuan Sepak Bola Indonesia Solo (Persis). Persis Solo saat ini bermarkas di Stadion Manahan, Surakarta yang berkapasitas 20.003 penonton.

Persis Solo juga memiliki suporter yang bernama Pasukan Soeporter Solo Paling Sejati atau yang disingkat Pasoepati dan Surakartans. Persis Solo pernah menjuarai 7 kali kompetisi perserikatan PSSI pada tahun 1935, 1936, 1939, 1940,1941,1942, dan 1943.

Pada musim 2006/2007 menjadi puncak prestasi bagi Persis Solo karena dapat dipromosikan pada liga divisi utama.

Daftar Lengkap Skuad Persis Solo di Liga 2 2021.

Kiper: Wahyu Tri Nugroho, Erlangga Setyo, M. Fahri, Nuri Agus Wibowo ·

Bek: Agus Nova, Asep Budi, Rian Miziar, Reuben Silitonga Marcell Januar, Ganjar Mukti, Fajar Zainul Muttaqin, Eriyanto, Zikri Akbar, Yulius Pamungkas, Eky Taufik, Abduh Lestaluhu, Dika Kuswardani. 

Gelandang: Fikri Ardiansyah, Arapenta Poerba, Irfan Afghoni, Fary Komul, Delvin Rumbino, Arif Agung Musthofa, Shulton Fajar, Kanu Helmiawan, Zamrony.

Penyerang: Agi Pratama, Assanur Rijal Torres, Marinus Wanewar, Beto Goncalves, Irfan Jauhari, Azka Fauzi, Rivaldi Bauwo, Miftahul Hamdi, Wahyu Agung, Heri Susanto, Yussa Nugraha

Diakusisi Anak Presiden

Putra bungsi Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep kini menjadi menjadi Direktur Utama PT Persis Solo Saestu (PSS) pada Sabtu, 20 Maret 2021 lalu. Kaesang telah menguasai 40 persen saham PT PSS.

Selain Kaesang, Kevin Nugroho menjabat sebagai Komisaris Utama dengan kepemilikan 30 persen saham. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga telah menguasai 20 persen saham dan diikuti 10 persen saham lainnya yang dimiliki pendiri PT PSS dan internal.

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini