Bolaindonesia

Profil PSS Sleman, Tim yang Dijuluki Elang Jawa

Berikut profil singkat PSS Sleman yang dijuluki Elang Jawa.

Rauhanda Riyantama

PSS Sleman. (Dok. LIB).
PSS Sleman. (Dok. LIB).

Bolatimes.com - Menjadi salah satu tim paling disegani dalam sejarah persepakbolaan Indonesia, PSS Sleman sudah tak lagi perlu diragukan kualitasnya. Di samping memiliki skuad yang hampir selalu tajam, tim ini juga memiliki pendukung yang sangat fanatik. Berikut sedikit profil PSS Sleman, sang Elang Jawa berseragam hijau.

Profil PSS Sleman

Lahir pada 20 Mei 1976 lalu, tim dengan nama asli Perserikatan Sepakraga Sleman ini merupakan tim yang cukup senior di Indonesia. Meski membutuhkan waktu cukup lama untuk melangkah ke kasta tertinggi persepakbolaan Indonesia, namun tim yang satu ini sukses menunjukkan bahwa mereka pantas berada di level tersebut.

Baru memasuki kompetisi tertinggi pada tahun 2000 lalu, mereka berhasil  bertahan kurang lebih 6 musim hingga tahun 2006, dengan selalu mencatatkan namanya di posisi 4 besar selama beberapa tahun berturut-turut.

Sempat diguncang bencana alam besar pada tahun 2006 lalu, PSS Sleman kemudian mulai bangkit pada tahun 2007 dengan menggunakan Stadion Maguwoharjo sebagai markasnya. Hingga saat ini PSS Sleman masih bercokol di Liga 1 sebagai klub yang kuat.

Prestasi PSS Sleman

Jika dilihat dari segi prestasi sendiri, PSS Sleman juga bukan tim nihil pencapaian. Tahun 2018 lalu mereka berhasil meraih juara 1 di Liga 2 Indonesia. Kemudian di tahun berikutnya, PSS Sleman sukses masuk ke peringkat 8 Liga 1, dan terakhir tercatat menempati posisi 16 Liga 1 2020 sebelum pandemi menghentikan segala jenis kompetisi sepakbola di Indonesia.

Pada kompetisi terbaru di Piala Menpora 2021 lalu, PSS Sleman juga berhasil meraih posisi ke-3. Kompetisi ini merupakan kompetisi uji coba yang digunakan sebagai pertimbangan untuk bergulirnya kembali Liga 1 Indonesia, sebagai kasta tertinggi kompetisi persepakbolaan Indonesia.

Sedikit profil PSS Sleman di atas semoga bisa jadi informasi yang menarik dan berguna untuk Anda. Tentu setiap dari kita telah menantikan kapan Liga 1 Indonesia bergulir kembali untuk menjadi kompetisi penghibur di tengah pandemi ini.

Kita doakan saja semoga kompetisi bisa segera berjalan, dan semua lekas kembali normal di waktu yang tidak lama lagi. Profil PSS Sleman, sang Elang Jawa dari Yogyakarta.

Kontributor: I Made Rendika Ardian

Berita Terkait

Berita Terkini