Bolaindonesia

Lebih Buruk dari Indonesia, Sri Lanka Lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023

Sri Lanka 0 poin saat Kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia lebih mending karena mendapat satu poin

Irwan Febri Rialdi

Lebanon vs Sri Lanka. (FIFA.com)
Lebanon vs Sri Lanka. (FIFA.com)

Bolatimes.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi mengumumkan 22 negara yang akan bersaing di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Menariknya, ada Sri Lanka yang masuk dalam daftar tersebut.

Padahal, performa Sri Lanka di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia lebih parah dari Indonesia. Mereka tidak meraih poin satu pun di Grup H setelah menelan enam kekalahan.

Sementara Indonesia masih mending. Di Grup G, skuat Garuda memetik satu poin dari delapan pertandingan.

Klasemen akhir Grup H Kualifikasi Piala Duia 2022. (Wikipedia)
Klasemen akhir Grup H Kualifikasi Piala Duia 2022. (Wikipedia)

Tidak ada penjelasan khusus dari AFC terkait Sri Lanka. Namun, besar kemungkinan Sri Lanka lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 karena faktor Korea Utara yang mundur dari kualifikasi beberapa waktu lalu.

Kemudian, jumlah pertandingan yang dilalui Sri Lanka juga lebih sedikit dari Indonesia, yakni enam pertandingan. Sedangkan skuat Garuda delapan pertandingan. Dikarenakan faktor itu, mungkin AFC membuat keputusan tersebut.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 itu sendiri akan diikuti 24 negara. Dua slot tersisa bakal diperebutkan empat negara, yaitu Indonesia, Kamboja, Taiwan, dan Guam.

Drawing play-off akan dilaksanakan pada 24 Juni 2021. Untuk pertandingan rencananya akan dilangsungkan pada 7 September dan 12 Oktober 2021. Mengenai lawan, Indonesia berpeluang menghadapi Kamboja, Taiwan, atau Guam karena pemilihan lawan sesuai drawing.

Setelah 24 negara terpilih, nantinya seluruh kontestan itu dibagi ke enam grup, yang mana hanya juara grup dan lima runner-up terbaik yang akan tampil di Piala Asia 2023.

Sebanyak 11 negara (juara grup dan lima runner-up), 12 negara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan saling sikut untuk menjadi raja Asia di China.

Berita Terkait

Berita Terkini