Bolaindonesia

Shin Tae-yong Bermimpi, Andai Semua Pemain Indonesia seperti Asnawi

"Jika semua pemain bermain seperti Asnawi, sepak bola Indonesia juga akan berubah, kata Shin Tae-yong.

Irwan Febri Rialdi

Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kanan) mempertahankan bola dari kawalan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Tuan Anh (kiri) dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021) malam. ANTARA FOTO
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kanan) mempertahankan bola dari kawalan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Tuan Anh (kiri) dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021) malam. ANTARA FOTO

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai Asnawi Mangkualam sebagai salah satu pemain terbaik Indonesia saat ini. Jika semua pemain seperti eks pesepak bola PSM Makassar itu, ia yakin sepak bola Indonesia akan bangkit.

"Jika semua pemain bermain seperti Asnawi, sepak bola Indonesia juga akan berubah,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Media Korsel, Khan.

Meski tidak mengungkapkan lebih detail terkait alasannya memuji tinggi Asnawi, performa eks PSM Makassar bersama Ansan Greeners di K-League jelas jadi alasannya.

Merujuk Transfermarkt, Asnawi yang merupakan pemain Indonesia pertama di K-League, telah tampil enam kali bersama Ansan Greeners dengan capaian satu gol.

Sebelum meninggalkan Korea untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia awal Juni lalu, Asnawi tampil meyakinkan bersama timnya.

Meski diplot di sayap kanan --di luar posisi aslinya--, Asnawi konsisten dimainkan pelatih Kim Gil-sik. Dia mendapat menit yang cukup banyak dalam lima laga yang dimainkannya yakni 354 menit.

Setelah Kualifikasi Piala Dunia usai, rombongan Timnas Indonesia sudah tiba di Jakarta sejak Sabtu (12/6/2021), tetapi Asnawi memilih tidak pulang ke Tanah Air dan langsung bertolak ke Korea Selatan.

Mantan pemain PSM Makassar itu harus langsung ke Korea Selatan karena adanya aturan menjalani karantina selama 14 hari lebih dahulu sebelum bergabung dengan Ansan Greeners.

Shin Tae-yong sendiri bertekad untuk memberikan perubahan dalam tubuh sepakbola Indonesia. Dia berjanji skuad Garuda akan unjuk gigi di SEA Games 2021 Vietnam November mendatang.

Pengalaman tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dua pekan lalu diharapkan Shin bisa memberi manfaat bagi para pemain yang akan tampil di SEA Games nanti.

Ajang SEA Games diketahui memiliki aturan tersendiri di mana setiap negara hanya boleh mendaftarkan pemain dengan batasn usia 22 tahun, plus dua pemain senior.

"Sebanyak 15 pemain yang berpartisipasi dalam [Kualifikasi] Piala Dunia ini memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam kelompok usia ini," beber Shin.

(Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini