Bolaindonesia

Profil Ezra Walian, Pemain Berdarah Belanda yang Kini Bela Timnas Indonesia

Berikut profil lengkap Ezra Walian.

Rauhanda Riyantama

Ezra Walian saat memperkuat Timnas Indonesia (instagram.com/ezrawalian)
Ezra Walian saat memperkuat Timnas Indonesia (instagram.com/ezrawalian)

Bolatimes.com - Nama pesepak bola Ezra Walian kini tengah disorot publik usai bisa membela Timnas Indonesia. Sebagaimana diketahui, status kewarganegaraannya sempat dipermasalahkan FIFA sehingga dilarang tampil di skuat Garuda.

Kini Ezra sudah bisa bernapas lega. Pasalnya striker 23 tahun itu sudah bisa membela Indonesia setelah dokumen alih asosiasinya rampung diurus oleh PSSI.

Banyak yang penasaran, seperti apa sosok Ezra Walian yang sebenarnya. Langsung saja, intip profil Ezra Walian yang telah berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini. 

Biodata Ezra Walian

Erza Walian adalah pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, pada 22 Oktober 1997. Dikutip dari situs Transfermarkt, Ezra Walian ini pertama kali menimba ilmu sepak bola di akademi Haarlem Youth di Belanda.

Secara garis keturunan, Ezra Walian ini memang memiliki darah Indonesia karena ayahnya, yaitu Glenn Walian, yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara.

Perjalanan Karier Ezra Walian

Bakat Ezra Walian kemudian tercium oleh raksasa sepak bola Belanda, yaitu Ajax Amsterdam. Kemudian pada 2012, Ezra Walian resmi merapat ke Ajax Amsterdam untuk membela tim U17. Bersama dengan Ajax Amsterdam junior, Ezra Walian sukses meraih empat gelar juara kompetisi usia muda di Belanda.

Ezra Walian juga tercatat pernah dipanggil oleh timnas Belanda usia muda dari U15 sampai U17 ketika membela Ajax Amsterdam. Kemudian pada Agustus 2017, Ezra Walian memutuskan untuk meninggalkan Ajax Amsterdam.

Ezra Walian saat tampil bersama RKC Waalwijk. (Instagram/ezrawalian)
Ezra Walian saat tampil bersama RKC Waalwijk. (Instagram/ezrawalian)

Ezra lantas bergabung ke tim kasta kedua Liga Belanda, Almere City. Kemudian ia dipinjamkan ke RKC WaalWijk hingga akhir musim 2018/2019.

Setelah itu, kerja sama antara Ezra dengan Almere City berakhir. Ia kemudian sempat melakukan TC di klub kasta ketiga Inggris, Tranmere Rovers.

Pada paruh musim Liga 1 2019, Ezra Walian resmi merapat ke PSM Makassar dengan durasi kontrak 3,5 tahun. Kemudian jelang Liga 1 2021, ia didatangkan Persib Bandung tepat pada peringatan hari ulang tahun klub yang ke-88, Minggu (14/3/2021).

Karier Ezra Walian di Timnas Indonesia

Ezra Walian pada saat itu pindah ke Almere City beberapa bulan setelah mengucap sumpah untuk menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 18 Mei 2017. Kala itu, Ezra langsung mencuri perhatian publik Indonesia karena pernah menimba ilmu sepak bola di akademi Ajax Amsterdam.

Setelah resmi menjadi WNI, Ezra Walian langsung debut di timnas Indonesia pada laga persahabatan melawan Myanmar.

Lalu nama Ezra semakin dikenal publik Tanah Air ketika dipanggil timnas U22 Indonesia asuhan Luis Milla untuk SEA Games 2017.  Pada turnamen itu, Ezra tampil sebanyak lima kali dengan sumbangan satu gol.

Masalah Status Kewarganegaraan

Dua tahun setelahnya, kabar buruk menimpa Ezra Walian karena dilarang FIFA membela timnas U22 Indonesia asuhan Indra Sjafri. FIFA melarang Ezra Walian untuk bermain pada Kualifikasi Piala Asia U23 2020 setelah menerima memorandum dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Pada paruh musim Liga 1 2019, Ezra Walian memutuskan untuk meninggalkan Almere City untuk bergabung ke PSM Makassar. Ezra Walian saat itu mendapatkan kontrak jangka panjang dari PSM Makassar sampai 2022.

Bersama dengan PSM Makassar, Ezra Walian juga menghadapi masalah status kewarganegaraan. Status kewarganegaraan yang belum jelas membuatnya juga tidak bisa membela PSM Makassar di Piala AFC 2020.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa akhirnya FIFA mengizinkan Ezra Walian gabung Timnas Indonesia. Ezra Walian akan melakoni tugas pertamanya untuk bertarung di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Demikian profil Ezra Walian, pemain Persib Bandung yang baru saja diperbolehkan membela Timnas Indonesia usai masalah kewarganegaraannya rampung.

(Rishna Maulina Pratama)

Berita Terkait

Berita Terkini