Bolaindonesia

Sudah Bisa Bela Timnas Indonesia, Ezra Walian Tulis Pesan Menyentuh

Ezra Walian tulis pesan menyentuh di Instagram-nya.

Rauhanda Riyantama

Ezra Walian saat memperkuat Timnas Indonesia (instagram.com/ezrawalian)
Ezra Walian saat memperkuat Timnas Indonesia (instagram.com/ezrawalian)

Bolatimes.com - Penantian panjang yang dilakukan Ezra Walian berbuah manis. Pemain kelahiran Belanda itu secara resmi bisa membela Timnas Indonesia usai masalah administrasi alih asosiasinya rampung.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengajuan perubahan asosiasi Ezra Walian dari Asosiasi Sepakbola Kerajaan Belanda (KNVB) menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) disetujui FIFA.

Ezra pun menanggapi berita tersebut dengan penuh suka cita. Ia pun menuliskan pesan menyentuh di Instagram pribadinya.

"Hari ini adalah hari yang baik! FIFA sudah memberikan lampu hijau, asosiasi saya sudah berubah dan akhirnya boleh tampil untuk negara saya lagi," tulis Ezra Walian di Instagram, Selasa (15/6/2021).

"Mari kita lanjutkan kerja keras dan melakukan hal yang saya paling cintai, bermain bola dan kita akan lihat apa yang akan terjadi di masa depan! Terima kasih @pssi @persib. Terima kasih banyak buat semua suporter atas dukungannya!" tandasnya.

Ezra Walian sejatinya telah dinaturalisasi Timnas Indonesia sejak 2017. Namun, dia tak boleh membela skuad Garuda dalam kalender FIFA karena masalah administrasi.

FIFA saat itu menganggap Ezra Walian tidak bisa membela Indonesia karena sempat berseragam Timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17. Bahkan ia pernah bermain untuk Tim Oranje U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014.

Sebelum FIFA mengizinkan Ezra membela Timnas Indonesia, PSSI lebih dulu mengirim surat kepada FIFA pada Jumat (11/6/2021) untuk menanyakan kejelasan status penyerang 23 tahun tersebut.

Surat itu dikirim ke FIFA setelah Ezra Walian mengirim akte kelahiran orang tuanya kepada PSSI guna membantu proses alih statusnya sebagai pesepakbola Indonesia.

Sebelum FIFA memberi lampu hijau untuk membela Timnas Indonesia, nasib Ezra Walian sempat terkatung-katung. Pemain yang memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Glenn Walian itu sempat dilarang tampil oleh FIFA pada Kualifikasi Piala AFC 2020, Maret 2019 lalu.

Saat itu, Ezra tak boleh diturunkan skuad Garuda lantaran AFC menerima memorandum dari Asosiasi Sepakbola Kerajaan Belanda (KNVB) bahwa sang pemain sempat membela Tim Oranje.

Tercatat, Ezra cuma memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2017 karena ajang tersebut memiliki regulasi tersendiri dan tidak berada langsung di bawah yuridiksi AFC dan FIFA.

Berita Terkait

Berita Terkini