Bolaindonesia

Jadwal Lengkap hingga Format Liga 2 2021, Wajib Dicatat!

Liga 2 akan menggunakan format home turnamen.

Rauhanda Riyantama

Logo Liga 2 2018
Logo Liga 2 2018

Bolatimes.com - Sama seperti Liga 1, kompetisi Liga 2 2021 juga telah mendapat izin dari pihak kepolisian. Namun berbeda dengan Liga 1 dengan format kompetisi penuh, Liga 2 bakal berlangsung dengan format home turnamen.

Kompetisi sepakbola kasta kedua di Indonesia itu rencananya digelar dua pekan setelah dimulainya Liga 1, yakni pada awal Juli nanti.

Sebanyak 24 tim peserta akan terbagi dalam empat grup di mana liga akan berlangsung selama enam bulan.

Sementara terkait lokasi pertandingan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih belum menentukannya. Hal itu tergantung dari hasil undian babak penyisihan grup nanti.

Format home tournament dipilih PT LIB bukan tanpa sebab. Di tengah pandemi Covid-19, keputusan memusatkan pertandingan hanya di empat daerah dinilai merupakan solusi terbaik.

Dari aspek infrastruktur, format itu juga dinilai menguntungkan mengingat tidak semua klub Liga 2 punya stadion yang memadai.

"Tantangannya bagaimana menyelenggarakan pertandingan yang lebih berkualitas. Kebanyakan infrastruktur stadion Liga 2 belum bisa disesuaikan dengan protokol kesehatan," tutur Akhmad.

Berikut rancangan lengkap Liga 1 2021/2022 seperti apa yang paparkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), kepada kepolisian:

Babak penyisihan grup

Grup: Empat (diisi masing-masing enam tim)
Jadwal: Juli - September 2021 (10 pekan)
Jumlah pertandingan: 120
Venue: Belum ditentukan

Perempat final

Dua tim teratas dari masing-masing grup berhak melaju ke babak perempatfinal.

Kedelapan tim yang lolos akan kembali dibagi ke dalam dua grup yang masing-masing berisi empat klub. Dua tim teratas nantinya berhak melaju ke semifinal.

Jadwal: Oktober - November 2021
Venue: Belum ditentukan

Semifinal

Jadwal: November 2021
Venue: Belum ditentukan

Final

Jadwal: Desember 2021
Venue: Belum ditentukan

*Dua tim yang kalah di semifinal akan duel untuk memperebutkan tempat ketiga atau satu tiket promosi ke Liga 1 musim berikutnya. Jawara, runner-up, dan peringkat ketika berhak promosi ke kasta tertinggi.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Berita Terkait

Berita Terkini