Bolaindonesia

Indonesia Kalah dari Afghanistan, Begini Komentar Shin Tae-yong

Indonesia menyerah 2-3 dari Afghanistan.

Rauhanda Riyantama

Para pemain Timnas Indonesia saat mengikuti pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab. (Dok. PSSI)
Para pemain Timnas Indonesia saat mengikuti pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka suara terkait kekalahan dari Afghanistan 2-3 alam laga uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Selasa (25/5/2021) malam. Menurutnya, hasil tersebut merupakan sebuah proses untuk jadi lebih baik.

Dalam pertandingan ini, skuad Garuda tertinggal tiga gol lebih dulu oleh Norilla Amiri (7'), Amiruddin Mohammad Anwar Sharifi (47'), dan Hossein Zamani (52').

Tim asuhan pelatih Shin Tae-yong baru bisa keluar dari tekanan pada babak kedua dengan mencetak dua gol melalui Egy Maulana Vikri (59'), dan Adam Alis Setyano (64').

Dalam laga ini, juru taktik asal Korea Selatan itu coba memainkan hampir seluruh dari 28 pemain yang dia boyong ke Dubai.

Dia menganggap uji coba ini adalah bagian dari proses pembentukan kembali tim Indonesia pasca terhentinya kompetisi lebih dari setahun akibat pandemi Covid-19.

"Memang ini sebuah proses, jadi kita berusaha untuk memainkan seluruh pemain, dan juga selama satu tahun enam bulan tidak bergulirnya kompetisi di Indonesia, tapi kita bisa bilang ini sebagai awal," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

"Ini merupakan perkembangan yang sangat baik. Babak pertama kita memang kemasukan tiga gol, namun di babak kedua kita bisa mengejar kembali, untuk mencetak dua gol," ucapnya.

Shin Tae-yong cukup optimistis dengan apa yang diperlihatkan tim asuhannya. Sebab, Evan Dimas dan kawan-kawan terlihat punya kegigihan buat berkembang.

"Di situ saya melihat kegigihan dari para pemain. Saya berterima kasih atas usahanya,” pungkas mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Setelah menghadapi Afghanistan, Timnas Indonesia dijadwalkan untuk menjajal Oman dalam laga uji coba berikutnya. Selanjutnya mereka akan tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kontra Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan UEA (11 Juni).

Berita Terkait

Berita Terkini