JOY Gelar Webinar, Ulas Pembinaan Sepak Bola di Tengah Pandemi COVID-19

Narasumbernya dari eks asisten Indra Sjafri hingga EDF LaLiga Academy

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 20 Februari 2021 | 07:08 WIB
Poster webinar yang diselenggarakan oleh Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY) bertajuk ''Akademi di Tengah Pandemi : Tetap Oke Bina Pemain Muda''. (Instagram/@joy_yogyakarta).

Poster webinar yang diselenggarakan oleh Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY) bertajuk ''Akademi di Tengah Pandemi : Tetap Oke Bina Pemain Muda''. (Instagram/@joy_yogyakarta).

Bolatimes.com - Akademi atau Pendidikan dan Latihan (Diklat) sepak bola tak berhenti melakukan pembinaan pemain remaja atau usia dini. Saat kompetisi dihentikan karena pandemi Covid-19, namun akademi tetap memberi kesempatan kepada anak-anak remaja menimba ilmu sepak bola sebelum memasuki jenjang profesional sebagai pesepak bola. 

“Berhentinya kompetisi tidak menyurutkan semangat Akademi PS Sleman untuk melakukan pembinaan pemain usia muda. Mereka tetap berlatih dengan sistem trial sejak September tahun lalu,” kata Guntur Cahyo Utomo, Kepala Development Center PSS, Jumat (19/2/2021). 

Akademi PSS tetap melakukan pembinaan pemain muda meski kompetisi terhenti dan baru akan digulirkan tahun ini. Langkah akademi itu juga dilakukan diklat atau lembaga pendidikan sepak bola lain seperti EDF La Liga Academy, El-Faza FC dan Safin Pati Football Academy. 

Keseriusan akademi/diklat membina pemain muda menjadi latar belakang pemikiran para jurnalis olahraga Yogyakarta yang tergabung dalam JOY (Jurnalis Olahraga Yogyakarta) untuk menggelar webinar. Webinar ini akan digelar pada Sabtu (20/2/2021) mulai pukul 13.00 WIB. 

Ketua JOY Gonang Susatio mengatakan bila webinar menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten dalam pembinaan usia muda melalui akademi atau klubnya. Sebut saja eks bintang Persebaya Surabaya, Mat Halil, yang kini mengelola El-Faza FC. Klub/SSB tersebut telah memunculkan para pemain yang membela klub profesional dan bahkan memperkuat tim nasional seperti Rizki Ridho. 

Selain itu ada Guntur Cahyo Utomo, eks asisten Indra Sjafri saat menangani timnas U-19 era Evan Dimas dkk. Webinar turut menghadirkan pelatih Rudy Eka Priyambada yang juga CEO Safin Pati Football Academy. 

Tidak ketinggalan Estrellas Del Futbol (EDF) LaLiga Academy yang merupakan akademi LaLiga pertama di Asia Tenggara. Visi akademi tersebut adalah membina pemain muda untuk menjadi pemain profesional. 

“Narasumber webinar akademi ini merupakan sosok yang berkompeten di bidangnya. Mereka berpengalaman dalam membina pemain muda yang pada akhirnya mengisi klub-klub profesional,” kata Gonang. 

Dilanjutkan Gonang, “Dari webinar ini bisa diketahui bagaimana akademi atau diklat itu tetap berupaya melakukan pembinaan saat pandemi. Saat liga terhenti, mereka tetap aktif melatih dengan menerapkan protokol kesehatan. Artinya pasti ada yang berubah di tengah situasi seperti ini.” 

Akademi dibedah melalui webinar ini juga untuk mengetahui bagaimana sistem pembinaan usia muda. Pasalnya masih banyak yang tidak tahu bagaimana isi perut akademi. Berbeda dengan SSB yang banyak ditemukan di berbagai kota. Bagaimana model pembinaan pemain di akademi/diklat. 

“Kami sesungguhnya ingin mengundang dari PPLP karena itu juga wadah pembinaan remaja atau pelajar untuk menjadi atlet. Namun keterbatasan tempat dan waktu membuat kami harus memilih dan menetapkan siapa yang menjadi narasumber,” kata Gonang lagi. 

Menurut Gonang bahasan tentang akademi tidak hanya berhenti di webinar. Ada rencana jurnalis di Yogyakarta menggelar turnamen SSB dan akademi di tahun ini pula.

Adapun webinar akan berlangsung pukul 13.00 hingga 14.30 WIB melalui aplikasi zoom meeting http://bit.ly/JOYXAcademy.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak