Bolaindonesia

Belum Puas, Shin Tae-yong akan Cari Pemain Keturunan untuk Bela Timnas U-19

Terbaru ada nama dua bersaudara, Kelana Mahessa dan Luah Mahessa.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, nampaknya belum puas untuk mengumpulkan pemain keturunan berbakat yang bisa memperkuat tim Garuda Nusantara. Ia mengaku sudah punya data pemain-pemain keturunan yang bakal ia jajal lagi ke depannya.

Sejauh ini, pemain-pemain keturunan yang sudah dijajal bisa dibilang punya kualitas yang cukup mumpuni. Sebut saja Jack Brown, Elkan Baggott, serta Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy Mahessa.

Jack Brown bergabung dengan training camp alias TC Timnas Indonesia U-19 sejak awal dimulai. Sementara Elkan Baggott merapat pada 7 Oktober lalu, saat Garuda Nusantara TC di Kroasia.

Kemudian disusul oleh dua bersaudara, Kelana Mahessa dan Luah Mahessa yang belum lama ini bergabung dengan skuat Timnas U-19 di Kroasia.

Shin Tae-yong sendiri memastikan tidak sembarangan dalam memilih pemain keturunan. Kualitas menjadi syarat utama agar bisa dipanggil olehnya.

"Dalam pencarian pemain keturunan, ini dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial Timnas Indonesia U-19. Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain untuk ke depannya, dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan," ungkap Shin Tae-yong.

"Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisa video dan setelah itu kami datangkan saat menjalani TC untuk melihat kualitasnya secara langsung," ia menambahkan.

TC di Kroasia akan selesai pada 28 Oktober 2020. Setelah itu, para pemain akan dipulangkan ke klub masing-masing dengan harapan bisa berkompetisi secara kompetitif.

Witan Sulaeman dan kawan-kawan akan kembali dikumpulkan Desember mendatang untuk melakoni TC di Prancis. Shin Tae-yong pun memberikan isyarat di TC selanjutnya akan kembali memanggil pemain keturunan.

"Pada TC selanjutnya mungkin saja kami mendatangkan pemain keturunan sambil melihat perkembangan," pungkas pelatih yang menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Timnas Indonesia U-19 tengah dipersiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-19 yang rencananya digelar awal tahun depan.

Selain itu, Timnas U-19 akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Berita Terkait

Berita Terkini