Bolaindonesia

Timnas Indonesia U-16 Masuk Grup Neraka, Begini Pesan Indra Sjafri

Indonesia masuk Grup D di Piala Asia U-16 bersama Jepang, China dan Arab Saudi.

Rauhanda Riyantama

Pelatih Timnas Indonesia U22, Indra Sjafri. (Dok. Zing.vn).
Pelatih Timnas Indonesia U22, Indra Sjafri. (Dok. Zing.vn).

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 dipastikan masuk dalam grup maut di gelaran Piala Asia U-16 2020. Skuat Garuda Asia berada di Grup D bersama tim kuat lainnya yakni Jepang, China dan Arab Saudi.

Mengetahui hal tersebut, Indra Sjafri selaku Direktur Tekni PSSI mengatakan bahwa skuat Timnas Indonesia U-16 harus berani meski bersaing dengan negara pengoleksi gelar juara turnamen. Ia berharap agar nyali mereka tidak ciut.

"Jangan takut melawan Jepang, China dan Arab Saudi. Kita harus optimistis!," tutur Indra seperti dimuat Antara.

Menurut pria asal Sumatera Barat itu, jika berlaga dengan maksimal, para pemain Timnas Indonesia U-16 asuhan pelatih Bimas Sakti dapat memetik banyak pelajaran dari laga-laga di Piala Asia U-16 2020.

Ketika berada di lapangan, para pemain Timnas Indonesia U-16 tidak perlu terlalu terbebani soal menang atau kalah, meski memang harus tetap berusaha 100 persen.

"Dengan tampil di Piala Asia saja, itu sebuah penempaan yang bagus untuk pemain kita. Saya sudah berkomunikasi dengan pelatih Bima Sakti dan dia akan menyiapkan pemain sebaik mungkin," ungkap Indra.

Timnas Indonesia U-16 berada satu grup dengan Jepang, China dan Arab Saudi di Grup D Piala Asia U-16 2020, yang dijadwalkan berlangsung di Bahrain pada 25 November - 12 Desember mendatang.

Kepastian tersebut didapatkan dari pengundian yang dilakukan AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (18/6/2020).

Grup D ini sendiri memang terbilang maut lantaran Jepang, China dan Arab Saudi sudah lebih dari satu kali menjadi tim terbaik di pentas Piala Asia U-16.

Jepang merupakan negara dengan gelar juara Piala Asia U-16 terbanyak, di mana mereka sudah juara tiga kali pada edisi 1994, 2006 dan 2018.

Adapun China dan Arab Saudi masing-masing sudah dua kali menjadi kampiun di kejuaraan tersebut.

Sementara itu, catatan terbaik Indonesia di Piala Asia U-16 adalah menduduki peringkat keempat pada tahun 2000. Sementara pada edisi dua tahun lalu, Timnas Indonesia U-16 menjadi perempatfinalis.

Berita Terkait

Berita Terkini