Bolaindonesia

Keren, Dirut Baru PT LIB Tak Mau Rangkap Jabatan

Walau tidak ada aturan rangkap jabatan, ia tetap enggan

Irwan Febri Rialdi

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Dok. PSSI).
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang baru, Akhmad Hadian Lukita, memastikan tidak akan rangkap jabatan. Ia ingin fokus sepenuhnya mengurus kompetisi sepak bola Indonesia.

"Sebenarnya tidak ada aturan yang mengatur tidak boleh merangkap jabatan. Namun, saya mau fokus sepenuhnya ke PT LIB agar bisa maksimal," ujar Akhmad seperti dimuat Antara.

Pria berusia 55 tahun itu menyebut bahwa saat ini dirinya dalam proses melepas jabatan direktur utama di perusahaan konsultasi teknologi informasi, PT LAPI Divus,i yang sudah didudukinya sejak tahun 2012.

Awalnya, pada tahun 2011, Akhmad menjadi Direktur Pengembangan Bisnis LAPI Divusi. Dia menjadi direktur utama pada tahun berikutnya dan menjabat posisi itu selama dua periode.

LAPI Divusi, perusahaan yang berada di bawah naungan Institut Teknologi Bandung (ITB), akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dalam waktu dekat untuk mengesahkan pergantian Akhmad sebagai direktur utama.

Akhmad sendiri ditetapkan menjadi Direktur Utama PT LIB oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa yang digelar Sabtu (13/6/2020) akhir pekan lalu.

Alumnus Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXII Lemhannas tahun 2019 tersebut menggantikan posisi Cucu Somantri yang mengundurkan diri pada 18 Mei 2020.

Ketika itu, tiga Komisaris PT LIB, yaitu Sonhadji (komisaris utama), Hasani Abdulgani dan Hakim Putratama juga meninggalkan jabatannya.

Situasi demikian membuat RUPS PT LIB juga menyepakati pengangkatan tiga komisaris anyar, yakni Juni Ardianto Rachman sebagai komisaris utama serta dua komisaris, yaitu Mayjen TNI (Purn.) Leonardus JP Siegers dan Mayjen TNI (Purn.) Andogo Wiradi.

Sebagai informasi, sebelum Akhmad Hadian Lukita, semua Direktur Utama PT LIB memiliki jabatan ganda ketika bertugas.

Pada tahun 2017 atau tahun pertama PT LIB berdiri, Direktur Utama PT LIB, Berlinton Siahaan juga bertugas sebagai Bendahara PSSI.

Dua tahun kemudian, Berlinton yang mengundurkan diri digantikan oleh Dirk Soplanit. Ketika itu Dirk adalah anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Pada Januari 2020, RUPS PT LIB memercayakan Cucu Somantri mengisi kursi direktur utama.

Ketika ditunjuk, Cucu yang merupakan purnawirawan TNI AD berpangkat akhir Mayor Jenderal juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Penulis: Rully Fauzi

Berita Terkait

Berita Terkini