Bolaindonesia

Ingin Pakai untuk TC Timnas, PSSI Minta Kemenpora Tak Sewakan Lapangan ABC

Lapangan ABC biasanya bisa disewa oleh masyarakat umum

Irwan Febri Rialdi

Para pemain Timnas Indonesia saat menjalani tes fisik. (Dok. PSSI).
Para pemain Timnas Indonesia saat menjalani tes fisik. (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - PSSI memohon kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) agar Lapangan ABCyang berada di Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, tidak disewakan lebih dahulu. Sebab, PSSI ingin lapangan tersebut diprioritaskan lebih dahulu untuk kebutuhan tim nasional Indonesia.

Dalam waktu dekat, PSSI telah merancang program untuk pemusatan latihan atau training camp (TC) timnas Indonesia yang diikuti oleh Timnas U-19 dan juga senior.

"Pertama, kami dengan Pak Sesmenpora (Gatot S. Dewa Broto) atas arahan Ketum PSSI (Mochamad Iriawan) menyampaikan soal penyiapan lapangan latihan untuk timnas U-19 dan timnas senior," kata Plt. Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada awak media, Kamis (11/6/2020) lalu.

"Kami berharap ke Kemenpora lapangan ABC diberikan kesempatan kepada timnas berlatih dulu tanpa disewakan kepada pihak lain. Mulai sekarang sampai Piala Dunia kalau bisa," ujarnya lagi.

Lelaki yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI ini mengaku hal tersebut penting untuk Timnas Indonesia. Pasalnya dalam beberapa minggu ke depan, PSSI akan melakukan persiapan untuk menggelar pemusatan Timnas Indonesia.

"Akhir bulan Juni pemanggilannya, lalu awal Juli mulai latihan fisiknya. Ya, tergantung daerah sih nanti menyesuaikan," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 akan ikut serta dalam kejuaraan Piala Asia U-19 2020 pada Oktober mendatang di Uzbekistan. Kemudian ada juga Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia adalah tuan rumah.

Sementara tim senior akan ikut Piala AFF 2020 pada akhir tahun ini. Oleh karena itu, PSSI memohon kepada Kemenpora agar memfasilitasi Lapangan ABC untuk kebutuhan tim nasional.

Sejauh ini, Timnas Indonesia U-19 sebenarnya tetap menjalani pemusatan latihan virtual sejak Mei lalu. TC ini diikuti oleh 44 pemain yang belakang berkurang menjadi 43 karena Witan Sulaeman kembali klubnya di Serbia.

Penulis: Adie Prasetyo

Berita Terkait

Berita Terkini