Bolaindonesia

Ini Tanggal Pengumuman Asisten Pelatih Lokal Shin Tae-yong

Rencananya, tim kepelatihan Shin Tae-yong akan diumumkan paling lambat 10 Januari mendatang.

Rauhanda Riyantama

Shin Tae-yong resmi diumumkan sebagai pelatih baru Timnas Indonesia, Sabtu (28/12/2019).  [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya]
Shin Tae-yong resmi diumumkan sebagai pelatih baru Timnas Indonesia, Sabtu (28/12/2019). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya]

Bolatimes.com - PSSI kini tengah melakukan rapat untuk membahas siapa sosok lokal yang akan membantu Shin Tae-yong sebagai asisten. Sebagaimana diketahui, Tae Yong akan memulai pekerjaannya sebagai pelatih pada Senin (6/1/2020).

Juru racik asal Korea Selatan tersebut dikontrak oleh PSSI selama empat tahun. Tae Yong akan fokus membenahi timnas Indonesia senior dan U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021.

Namun, Tae Yong juga punya kuasa atas timnas usia muda seperti U-16, U-19/U-20, dan U-22. Sebab, ia juga dikontrak sebagai manajer.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) memakaikan jaket Timnas Indonesia ke Pelatih Timnas Indonesia Senior yang baru Shin Tae-Yong (kanan) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya]
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) memakaikan jaket Timnas Indonesia ke Pelatih Timnas Indonesia Senior yang baru Shin Tae-Yong (kanan) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/12). [ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya]

 

Tentu Shin Tae-yong tidak bisa sendirian. Harus ada orang-orang yang membantu pelatih yang menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Tae Yong memang mengatakan bakal membawa beberapa orang dari Korea Selatan yang akan membantunya. Meski begitu, tetap ada sosok lokal yang juga akan membantu.

Kini, PSSI tengah menggodok siapa yang cocok membantu Shin Tae-yong. Terbaru, Nova Arianto yang merupakan asisten Indra Sjafri di timnas U-22 dipanggil oleh PSSI terkait hal ini.

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri membenarkan hal tersebut. Menurutnya, PSSI akan memanggil satu per satu pelatih yang pantas bersama Shin Tae-yong.

"Kami hubungi dulu satu per satu untuk asistennya Shin Tae-yong. Ada calon yang langsung setuju, ada yang mempertimbangkan dan sebagainya," kata Cucu saat dihubungi, Minggu (5/1/2020).

Rencananya, tim kepelatihan Shin Tae-yong akan diumumkan paling lambat 10 Januari mendatang. Saat ini, PSSI tengah menggodoknya.

"Diupayakan untuk seluruh asisten Shin Tae-yong pada bulan ini sudah ditetapkan. Setelah 10 Januari nanti, kami berencana melakukan rapat," jelasnya.

Shin Tae-yong dijadwalkan akan kembali ke Indonesia pada Senin (6/1/2020). Lalu, pada 13 Januari mendatang, juru taktik berusia 50 tahun ini bakal memantau 60 pemain Timnas Indonesia dan U-20 di Bali.

Penulis: Adie Prasetyo

Berita Terkait

Berita Terkini