Bolaindonesia

Kecolongan Dua Gol di Menit Akhir, Persipura Takluk dari Bhayangkara FC

Persipura sempat menyamakan kedudukan lewat Ian Kabes

Galih Priatmojo

Pemain Bhayangkara FC Herman Dzumafo Epandi melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bali United FC dalam pertandingan Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (8/12/2018). Bhayangkara FC berhasil mengalahkan Bali United FC dengan skor 2-0 dan memastikan posisinya berada di peringkat tiga klasemen akhir Liga 1 2018. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Pemain Bhayangkara FC Herman Dzumafo Epandi melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bali United FC dalam pertandingan Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (8/12/2018). Bhayangkara FC berhasil mengalahkan Bali United FC dengan skor 2-0 dan memastikan posisinya berada di peringkat tiga klasemen akhir Liga 1 2018. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Persipura Jayapura justru tampil tak berdaya di hadapan pendukungnya saat menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (7/11/2019). Pada laga pekan ke-27 Liga 1 2019 itu tim berjuluk Mutiara Hitam kalah telak dengan skor 1-3.

Persipura tertinggal lebih dulu dari tamunya sesaat sebelum jeda turun minum. Namun, Ian Kabes mampu membuat keadaan berubah imbang setelah mampu menjebol gawang The Guardian di menit ke-75.

Akan tetapi enam menit jelang berakhirnya waktu normal, Bhayangkara FC berhasil meruntuhkan tembok pertahanan Persipura sebanyak dua kali.

Dengan tambahan tiga poin, Bhayangkara FC yang kini mengantongi 35 poin dari 27 pertandingan bertahan di posisi 10. Sementara Persipura yang meraih 43 poin dari 25 pertandingan, belum bergeser dari posisi tiga klasemen sementara Liga 1 2019.

Jalannya Pertandingan

Sejak wasit Asep Yandis asal Jawa Barat meniup peluit awal pertandingan, Persipura yang bertindak sebagai tuan rumah tampil menggebrak dan mencoba menyerang mengandalkan kecepatan pemain di sisi lapangan.

Sesekali tim tamu, Bhayangkara FC, menyerang dengan mengandalkan serangan balik memanfaatkan gelandang serang asingnya Bruno Matos yang bertugas menyuplai bola ke striker Herman Dzumafo.

Namun, hingga menit ke-25 belum ada satu pun peluang berbahaya dari kedua tim, bahkan bola lebih banyak mengalir di tengah lapangan karena kerap kandas di kaki pemain belakang.

Peluang terbaik Bhayangkara FC didapat Bruno Matos di menit ke-36 usai mendapat umpan terobosan dari tengah lapangan, namun gagal dikonversi menjadi gol.

Pemain asal Brasil itu lolos dari jebakan offside. bahkan mampu melewati kiper Persipura Dede Sulaiman, namun penyelesaian akhir yang kurang tenang membuat bola menyamping meski gawang telah kosong melompong.

Tiga menit berselang, giliran Persipura yang nyaris unggul, tapi Ian Louis Kabes yang berdiri bebas di mulut gawang gagal memanfaatkan kemelut karena bola mengarah ke atas gawang Bhayangkara FC yang dikawal kiper Indra Adi Nugraha.

Tim tamu akhirnya memecah kebuntuan melalui Bruno Matos yang sukses mencetak gol ke gawang Persipura di akhir babak pertama.

Berawal dari umpan jauh yang mengarah ke Bruno Matos dan dengan kecepatannya membawa bola ke dalam kotak penalti, sepakan pemain eks-Persija itu gagal diantisipasi oleh Dede Sulaiman. Skor 0-1 untuk keunggulan Bhayangkara FC menutup babak pertama.

Di babak kedua Persipura mencoba bangkit. Tekanan dilancarkan bertubi-tubi hingga akhirnya upaya tersebut meruntuhkan pertahanan The Guardian di menit 75. Adalah Ian Kabes yang mencatatkan namanya di papan skor sekaligus menyeimbangkan kedudukan menjadi 1-1.

Namun, skor imbang tersebut tak bertahan lama. Memasuki menit 83 Bhayangkara FC kembali unggul. Adam Alis mengubah kedudukan menjadi 1-2 di menit 83.

Persipura yang tidak ingin kehilangan poin mencoba kembali mengejar. Akan tetapi di menit 89 gawang Dede Sulaiman kembali bergetar. Herman Dzumafo mengunci kemenangan Bhayangkara FC 1-3.

Berita Terkait

Berita Terkini