Ini 4 Jejak Keluarga BJ Habibie di Sepak Bola Indonesia

BJ Habibie meninggal dunia, Rabu (11/9/2019).

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Rabu, 11 September 2019 | 19:28 WIB
FOTO DOKUMENTASI. Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). Sidang Tahunan MPR diselenggarakan dengan agenda penyampaian pidato Presiden Joko Widodo mengenai laporan kinerja lembaga-lembaga negara. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/ama.

FOTO DOKUMENTASI. Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). Sidang Tahunan MPR diselenggarakan dengan agenda penyampaian pidato Presiden Joko Widodo mengenai laporan kinerja lembaga-lembaga negara. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/ama.

Bolatimes.com - Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab disapa BJ Habibie dikabarkan meninggal dunia, Rabu (11/9/2019) sekira pukul 18.03.
Presiden ketiga Republik Indonesia itu meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto akibat sakit yang dideritanya.

Sosok kelahiran Parepare Sulawesi Selatan 1936 silam itu sempat mendapat perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019 lalu.

Meski jamak dikenal sebagai tokoh dirgantara Indonesia, Habibie nyatanya juga punya jejak di dunia sepak bola tanah air.
Berikut tiga jejak BJ Habibie di ranah sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Sebiji Gol Sutan Zico Sukses Bawa Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Iran

Pemilik saham PSM Makassar

Siapa sangka salah satu pemilik PSM Makassar merupakan keluarga BJ Habibie.

Saham salah satu klub tertua di Indonesia itu pernah dimiliki oleh keluarga BJ Habibie tepatnya yakni Rully Habibie yang merupakan keponakan dari BJ Habibie.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Unggul Sementara atas Iran

Rully memimpin PSM Makassar pada periode 2015 menggantikan pemilik sebelumnya yakni Erwin Aksa, salah satu pengusaha muda asal Makassar.

Di era Rully, PSM Makassar sebenarnya tengah dalam masa nan sulit menyusul dualisme kompetisi di Indonesia kala itu dimana ada LPI dan LSI.

Tak hanya itu, di eranya, skuat Juku Eja tengah dalam situasi finansial nan kurang sehat.

Baca Juga: Ada Hutan Lebat di Bekas Stadion Piala Eropa 2008, Begini Wujudnya

Namun, di tangan Rully, PSM Makassar masih mampu bertahan di pentas sepak bola Indonesia.

Tahun 2016, Rully mengundurkan diri sebagai CEO PSM Makassar lantaran kesibukannya mengelola bisnis. Setelah ia lengser, kepemimpinan PSM Makassar diambil alih oleh Munafri Arifuddin (APPI) hingga sekarang.

Darah sepak bola mengalir ke cucu BJ Habibie

Baca Juga: Indonesia Dipecundangi Thailand, Ini Komentar Coach Justin

Salah satu cucu BJ Habibie ternyata merupakan seorang pesepak bola. Ia bernama Mochammad Rafid Habibie.

Rafid Habibie merupakan putra dari Rully Habibie yang sebelumnya pernah memiliki saham di PSM Makassar.

Nama Rafid Habibie mulai mencuat kala namanya dipanggil dalam seleksi Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Indra Sjafri pada 2017 lalu.

Pemain yang pernah berguru di Perugia Italia dan Sporting CP Portugal itu sempat digadang bakal jadi salah satu andalan skuat Garuda.

Namun sayang, kala itu Rafid gagal lolos ke skuat pilihan Indra Sjafri.

Belum lama ini dikabarkan sang pemain kembali ke Indonesia dan akan bergabung bersama Persib B. Namun, proses tersebut batal lantaran Rafid disebut menolak untuk gabung ke Persib U-20 terlebih dulu.

Darah sepak bola Rafid Habibie sendiri mewarisi bakat ayah dari BJ Habibie yang dahulu merupakan salah seorang pesepak bola amatir.

BJ Habibie pernah mengungkapkan bahwa ayahandanya sangat hobi dengan sepak bola, bahkan sempat tergabung dalam klub dan berkecimpung di turnamen sepak bola level daerah di Bogor.

Habibie Cup

Sebagai bentuk penghormatan pada sosok BJ Habibie, wali kota Parepare, Mirdin Kasim mencetuskan digelarnya turnamen sepak bola pada tahun 1990 bertajuk Habibie Cup.

Saat turnamen tersebut digelar, Habibie kala itu menjabat sebagai Menristek Republik Indonesia dan Kepala BPPT.

Mulanya turnamen ini hanya diikuti sebanyak enam tim dari wilayah Ajatappareng dan sekitarnya meliputi Persipare Parepare, Perspin Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Barru dan PSM Makassar.

Di tahun pertama gelaran Habibie Cup ini, Persipare Parepare menjadi juaranya.

Berdasarkan catatan, turnamen Habibie Cup ini terakhir dihelat pada 2015 lalu bertajuk Habibie Cup XXI.

Gelar kompetisi futsal

Selain di sepak bola, keluarga BJ Habibie juga punya jejak di perkembangan futsal Indonesia lewat sebuah kompetisi futsal tahunan yang diberi label Habibie Futsal Cup.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak