Bikin Ulah di Klub, Rizky Pora Dicoret dari Timnas Indonesia

Sebagai gantinya, mantan pelatih Bhayangkara FC ini memilih Febri Hariyadi.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 15 Agustus 2019 | 14:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti memeluk Rizky Pora usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018. (AFF)

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti memeluk Rizky Pora usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018. (AFF)

Bolatimes.com - Simon McMenemy melakukan tindakan tegas terhadap pemain yang baru saja ia tunjuk untuk memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Belum ada 24 jam, ia langsung mencoret nama Rizky Pora dari skuatnya.

Pencoretan tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Rizky Pora telah melakukan tindakan yang kurang terpuji yang dianggap McMenemy tidak pantas dilakukan oleh pemain timnas Indonesia.

Kejadian tersebut terjadi saat pertandingan tim yang diperkuat oleh Rizky Pora, Barito Putera melawan PSM Makassar, Rabu (14/8/2019). Di pertandingan tersebut, Rizky Pora terlihat emosi di akhir pertandingan sampai mendorong pemain PSM, Bayu Gatra.

Baca Juga: Lampard Tetap Puas meski Timnya Gagal Juara Piala Super Eropa

Pemain Barito Putera Rizky Rizaldi Pora (kanan) berusaha melepaskan diri dari hadangan pemain Persela Lamongan Ahmad Subagja Baasith (kiri) saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Senin (22/7/2019). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Pemain Barito Putera Rizky Rizaldi Pora (kanan) berusaha melepaskan diri dari hadangan pemain Persela Lamongan Ahmad Subagja Baasith (kiri) saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2019 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Senin (22/7/2019). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Hal tersebut membuat McMenemy mengambil sikap untuk mencoret sang pemain. Baginya, seorang pemain nasional harus memiliki sikap yang bagus.

"Kami mengharapkan tingkat disiplin tertinggi dari para pemain tim Nasional. Ini telah dibahas beberapa kali dan para pemain telah diingatkan bahwa mereka adalah representasi dari seluruh pemain Indonesia. Para pemain tim Nasional adalah contoh bagi semua, Ini prinsip dan saya tidak main-main dengan hal ini," kata Simon Mcmenemy dalam rilis yang diterima suara.com.

"Pemain harus memahami tanggung jawab yang datang dengan mewakili negara yang begitu bersemangat dan bangga," tegas Simon.

Sebagai gantinya, mantan pelatih Bhayangkara FC ini memilih Febri Hariyadi. Pemain Persib Bandung ini dinilai memiliki pengetahuan taktik dan formasi yang baik.

Baca Juga: Dipanggil Timnas Indonesia, Osas Saha Mengaku Terkejut

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy dalam jumpa pers seusai uji coba montra Myanmar (dok. PSSI).
Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy dalam jumpa pers seusai uji coba montra Myanmar (dok. PSSI).

"Poinnya, kami mencari pemain yang bisa menjadi role model, pemain yang mampu menjalankan instruksi serta mampu bermain dalam sistem yang kita inginkan," ungkap McMenemy.

"Tentu kami berharap seorang pemain juga memiliki pengetahuan taktik yang baik, sehingga mampu bermain dalam formasi yang berbeda dan juga posisi yang berbeda," pungkasnya.

Tim nasional Indonesia akan mengawali perjalanan di kualifikasi Piala Dunia dengan melawan Malaysia pada tanggal 5 September 2019 dan Thailand pada tanggal 10 September 2019. Dua laga ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca Juga: Juara Piala Super Eropa, Liverpool Samai Rekor Real Madrid

Sementara pemusatan latihan akan dimulai pada 21 Agustus mendatang. Rencananya, pemusatan latihan bakal berlangsung di stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Berikut 24 Pemain yang akan bergabung dalam pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Penjaga Gawang:
Andritany Ardhiyasa - Persija Jakarta
Awan Setho - Bhayangkara FC
Angga Saputra - Tira-Persikabo

Pemain Belakang:
Ricky Fajrin - Bali United
Hansamu Yama - Persebaya Surabaya
Otavio Dutra - Persebaya Surabaya
Yanto Basna - Sukhothai
Yustinus Pae - Persipura Jayapura
Johan Alfarizi - Arema FC
Andika Wijaya - Bali United
Victor Igbonefo - PTT Rayong

Pemain Tengah:
Andik Vermansah - Madura United
Evan Dimas - Barito Putera
Febri Hariyadi - Persib Bandung
Manahati Lestusen - Tira-Persikabo
Rizky Pellu - PSM Makassar
Stefano Lilipaly - Bali United
Zulfiandi - Bhayangkara FC
Irfan Jaya - Persebaya Surabaya
Irfan Bachdim - Bali United
Greg Nwokolo - PTT Rayong

Pemain Depan:
Ferdinand Sinaga - PSM Makassar
Beto Goncalves - Madura United
Osas Saha - Tira-Persikabo

 

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak