Bolaindonesia

Timnas Indonesia U-18 Cukur Habis Brunei Darussalam 6-1

Timnas Indonesia U-18 menduduki puncak klasemen Grup A Piala AFF U-18 dengan koleksi sembilan poin.

Dany Garjito | Muhammad Ilham Baktora

Timnas Indonesia U-18 (Instagram/@timnasu18.id)
Timnas Indonesia U-18 (Instagram/@timnasu18.id)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia sukses melumat Brunei Darussalam pada laga penyisihan grup Piala AFF U-18 di Stadion Binh Duong, Vietnam, Sabtu (10/8/2019). Garuda Muda mencukur habis skuat asuhan Stephen Ng Heng Seng dengan skor 6-1.

Usai meraih enam poin dari dua pertandingan sebelumnya, di laga ketiga Grup A Piala AFF U-18 2019 timnas Indonesia kembali mencuri poin sempurna. Garuda sukses mengemas sembilan poin pada laga tersebut.

Jalannya Pertandingan

Menghadapi Brunei Darussalam, tidak dibutuhkan waktu lama bagi timnas Indonesia untuk memecah kebuntuan. Menekan sejak peluit kick off dibunyikan, tim besutan Fakhri Husaini hanya membutuhkan waktu delapan menit untuk mengubah papan skor.

Adalah Bagus Kahfi yang membuka keunggulan bagi Garuda Nusantara. Menerima umpan dari Rendy Juliansyah, Bagus yang tidak terkawal di sisi kanan berhasil menundukkan penjaga gawang Brunei, Riyan Aiman Jali, dengan mudah.

Unggul satu gol, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, memasuki menit ke-10 peluang emas didapat Garuda Nusantara lewat titik penalti setelah Bagus dijatuhkan Zinin di kotak terlarang. Rendy yang maju sebagai algojo dengan tenang mengelabui Riyan. Indonesia memimpin 2-0.

Tertinggal dua gol, Brunei mencoba bangkit. Tekanan coba dilancarkan, namun mereka kerap kehilangan bola di lini tengah.

Seakan kalah kelas, para pemain Brunei pun tidak mampu berbuat banyak ketika Rendy meliuk-liuk mengacaukan konsentrasi pertahanan lawan dari sisi kiri. Bola dikirimkan ke depan kotak penalti Brunei yang langsung disambar oleh Beckham Putra. Riyan mampu menebak arah bola namun tak mampu menjangkau Si Kulit Bundar yang akhir bersarang di sisi kanan gawang. Indonesia menjauh 3-0 di menit 26.

Sembilan menit berselang, gawang Riyan Aiman Jali kembali bergetar. Menyambut umpan lambung Saddam, tandukkan Zakiri mengubah papan skor menjadi 4-0.

Memasuki menit 43, pesta gol Indonesia berlanjut. Menyambar umpan tarik Bagus Kahfi, Rendy mencetak gol keduanya dalam laga ini sekaligus menutup babak pertama dengan skor 5-0.

Pada babak kedua, serangan Garuda Muda makin membabi buta. Namun peluang emas yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah gagal dikonversikan menjadi gol.

Brunei berusaha keluar dari tekanan Bagus Kahfi dan kawan-kawan. Serangan demi serangan yang dibangun skuat asuhan Stephen Ng Heng Seng, belum menciptakan satu gol untuk Brunei.

Hal yang ditunggupun tiba. Berkat kelalaian lini bertahan Indonesia, Brunei akhirnya mencetak gol di menit 59. Lewat kaki Mohd Hilmi Sidik, Brunei sukses mengubah keadaan menjadi 5-1.

Namun, mimpi buruk kembali terjadi untuk Brunei. Alih-alih menambah skor, lini bertahan Brunei kocar kacir. Pada menit 75 Bagus Kahfi yang mendapat umpan silang dari Saddam Gaffar sukses mengkonversikannya menjadi gol. Kedudukan bertambah 6-1 untuk Indonesia.

Serangan terus dilancarkan kedua tim. Hingga pertandingan berakhir tak ada lagi gol tercipta. Garuda Muda berhasil mengemas sembilan poin atas kemenangan tersebut dan memuncaki klasemen sementara Grup A.  

Susunan Pemain:
Indonesia U-18: Muhammad Adi Satrio (GK), Yudha, Fadhil, Ridho, Bayu, Theo Rendy, Beckham, Zakiri, Saddam, Bagus Kahfi.

Brunei U-18: Riyan (GK), Khalid, Zinin, Aiman, Syafiq, Maverick, Roslan, Zaidi, Nazhan, Emzah.

Berita Terkait

Berita Terkini