Timnas Indonesia U-18 Cukur Habis Brunei Darussalam 6-1

Timnas Indonesia U-18 menduduki puncak klasemen Grup A Piala AFF U-18 dengan koleksi sembilan poin.

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 20:42 WIB
Timnas Indonesia U-18 (Instagram/@timnasu18.id)

Timnas Indonesia U-18 (Instagram/@timnasu18.id)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia sukses melumat Brunei Darussalam pada laga penyisihan grup Piala AFF U-18 di Stadion Binh Duong, Vietnam, Sabtu (10/8/2019). Garuda Muda mencukur habis skuat asuhan Stephen Ng Heng Seng dengan skor 6-1.

Usai meraih enam poin dari dua pertandingan sebelumnya, di laga ketiga Grup A Piala AFF U-18 2019 timnas Indonesia kembali mencuri poin sempurna. Garuda sukses mengemas sembilan poin pada laga tersebut.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga: Selesai dari Piala AFF U-15, Timnas Indonesia U-16 Ikuti Turnamen Ini

Menghadapi Brunei Darussalam, tidak dibutuhkan waktu lama bagi timnas Indonesia untuk memecah kebuntuan. Menekan sejak peluit kick off dibunyikan, tim besutan Fakhri Husaini hanya membutuhkan waktu delapan menit untuk mengubah papan skor.

Adalah Bagus Kahfi yang membuka keunggulan bagi Garuda Nusantara. Menerima umpan dari Rendy Juliansyah, Bagus yang tidak terkawal di sisi kanan berhasil menundukkan penjaga gawang Brunei, Riyan Aiman Jali, dengan mudah.

Unggul satu gol, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, memasuki menit ke-10 peluang emas didapat Garuda Nusantara lewat titik penalti setelah Bagus dijatuhkan Zinin di kotak terlarang. Rendy yang maju sebagai algojo dengan tenang mengelabui Riyan. Indonesia memimpin 2-0.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gunduli Filipina Lima Gol di Babak Pertama Piala AFF U-18

Tertinggal dua gol, Brunei mencoba bangkit. Tekanan coba dilancarkan, namun mereka kerap kehilangan bola di lini tengah.

Seakan kalah kelas, para pemain Brunei pun tidak mampu berbuat banyak ketika Rendy meliuk-liuk mengacaukan konsentrasi pertahanan lawan dari sisi kiri. Bola dikirimkan ke depan kotak penalti Brunei yang langsung disambar oleh Beckham Putra. Riyan mampu menebak arah bola namun tak mampu menjangkau Si Kulit Bundar yang akhir bersarang di sisi kanan gawang. Indonesia menjauh 3-0 di menit 26.

Sembilan menit berselang, gawang Riyan Aiman Jali kembali bergetar. Menyambut umpan lambung Saddam, tandukkan Zakiri mengubah papan skor menjadi 4-0.

Baca Juga: Indra Sjafri Bawa Egy Perkuat Timnas Indonesia U-23, Netizen Tak Ikhlas

Memasuki menit 43, pesta gol Indonesia berlanjut. Menyambar umpan tarik Bagus Kahfi, Rendy mencetak gol keduanya dalam laga ini sekaligus menutup babak pertama dengan skor 5-0.

Pada babak kedua, serangan Garuda Muda makin membabi buta. Namun peluang emas yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah gagal dikonversikan menjadi gol.

Brunei berusaha keluar dari tekanan Bagus Kahfi dan kawan-kawan. Serangan demi serangan yang dibangun skuat asuhan Stephen Ng Heng Seng, belum menciptakan satu gol untuk Brunei.

Hal yang ditunggupun tiba. Berkat kelalaian lini bertahan Indonesia, Brunei akhirnya mencetak gol di menit 59. Lewat kaki Mohd Hilmi Sidik, Brunei sukses mengubah keadaan menjadi 5-1.

Namun, mimpi buruk kembali terjadi untuk Brunei. Alih-alih menambah skor, lini bertahan Brunei kocar kacir. Pada menit 75 Bagus Kahfi yang mendapat umpan silang dari Saddam Gaffar sukses mengkonversikannya menjadi gol. Kedudukan bertambah 6-1 untuk Indonesia.

Serangan terus dilancarkan kedua tim. Hingga pertandingan berakhir tak ada lagi gol tercipta. Garuda Muda berhasil mengemas sembilan poin atas kemenangan tersebut dan memuncaki klasemen sementara Grup A.  

Susunan Pemain:
Indonesia U-18: Muhammad Adi Satrio (GK), Yudha, Fadhil, Ridho, Bayu, Theo Rendy, Beckham, Zakiri, Saddam, Bagus Kahfi.

Brunei U-18: Riyan (GK), Khalid, Zinin, Aiman, Syafiq, Maverick, Roslan, Zaidi, Nazhan, Emzah.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak