Bolaindonesia

Tiga Pilar Absen, Pelatih Persija Tetap Yakini Bisa Kalahkan PSM Makassar

Persija Jakarta akan menjamu PSM Makassar pada leg pertama final Piala Indonesia, Minggu 21/7/2019.

Galih Priatmojo

Pelatih Persija Julio Banuelos (tengah) dan pemain Sandi Sute (kiri) dalam jumpa pers jelang menghadapi Borneo FC di leg kedua semifinal Piala Indonesia. (dok. Media Persija)
Pelatih Persija Julio Banuelos (tengah) dan pemain Sandi Sute (kiri) dalam jumpa pers jelang menghadapi Borneo FC di leg kedua semifinal Piala Indonesia. (dok. Media Persija)

Bolatimes.com - Tugas tak mudah dipanggul Persija Jakarta yang akan menjamu PSM Makassar pada laga leg pertama final Piala Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (21/7/2019). 

Bertindak sebagai tuan rumah lebih dulu, skuat Macan Kemayoran punya kesempatan untuk memenangkan laga. Motivasi lebih untuk menang sudah pasti tersimpan di benak Ismed Sofyan dkk,  apalagi mereka punya pemain keduabelas yang siap mendukung secara total dari pinggir lapangan. 

Namun, Persija nyatanya dalam kondisi yang kurang konsisten terutama dalam dua laga terakhir. Mereka selalu kebobolan setelah berhasil mencetak gol. Alhasil laga menjadi imbang 1-1.

Sebut saja saat melawan Persib Bandung, di mana Persija unggul lebih dahulu sebelum akhirnya disamakan pada menit-menit akhir pertandingan. Berikutnya melawan Tira-Persikabo, setelah unggul Pasukan Ibu Kota hancur lebur dibantai 3-5.

Pelatih Persija Julio Banuelos berharap situasi tersebut tidak terulang lagi di pertandingan melawan PSM. Menurutnya, pemain harus bisa menjaga konsentrasi serta tidak memberikan ruang kepada lawan untuk mengembangkan permainan.

"Memang di dua laga terakhir hasil tidak sesuai dengan yang diinginkan tim pelatih. Itulah kendala yang kami hadapi. Namun kami tidak bolah terlalu larut dalam kesedihan. Kami harus bangkit lagi, dan lupakan yang sebelumnya. Sekarang kami fokus di pertandingan ini," kata Banuelos.

Persija tidak diperkuat sejumlah pilar akibat dibekap cedera, seperti Andritany Ardhiyasa, Ramdani Lestaluhu, dan Steven Paulle. Namun juru racik asal Spanyol tersebut meyakini pemain lain sudah siap bertarung menggantikannya.

"Sangat disayangkan ada beberapa pemain yang absen. Tapi, persiapan berjalan dengan baik, tim pelatih sangat senang dengan kinerja seluruh pemain, dan fokus," jelasnya.

"Semoga kami tampil baik, dan memenangkan pertandingan. Ini laga final leg pertama, dan kami sangat menginginkan kemenangan," ungkapnya.

Sementara itu, Pelatih PSM Darije Kalezic menegaskan anak asuhannya sudah siap memenangi pertandingan hari ini. Sebab, ia menyebut hanya gelar juara saja yang membuat timnya puas.

"Kami dalam mood menang. Tim kami sedang stabil, setiap pemain tahu persis apa yang ingin kami lakukan. Sama juga untuk nanti, saya melihatnya seperti pertandingan lain. Kami juga menyadari harus membuat langkah terakhir di sini. Hanya trofi yang membuat kami puas,” ujar Kalezic.

Perkiraan susunan pemain:

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanussa; Rohit Chand, Sandi Sute, Bruno Matos; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan

Pelatih: Julio Banuelos (Spanyol)

PSM Makassar (4-3-3): Hilmansyah; Asnawi Mangkualam, Abdurrahman, Aaron Evans, Taufik Hidayat; Marc Klok, Rasyid Bakri, Rizky Pellu; Bayu Gatra, Ferdinand Sinaga, Guy Junior

Pelatih: Darije Kalezic (Bosnia)

Berita Terkait

Berita Terkini