Bolaindonesia

Gara-gara Ini, PSSI Kena Denda AFC saat Menjamu Selangor FA di Indonesia

PSSI harus menggelontorkan dana sebesar Rp 27 juta untuk membayar hukuman tersebut

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora

Pemain Selangor FA (jersey hijau) berebut bola dengan pemain Perak (jersey kuning) pada lanjutan Liga Super 2019. (Instagram/@faselangormy)
Pemain Selangor FA (jersey hijau) berebut bola dengan pemain Perak (jersey kuning) pada lanjutan Liga Super 2019. (Instagram/@faselangormy)

Bolatimes.com - PSSI harus menanggung sanksi denda dari Federasi Sepak Bola Asia (AFC) ketika menjamu Selangor FA ke Indonesia. Pasalnya pertandingan yang digelar dua kali saat menghadapi Madura United dan Persija Jakarta itu tak sesuai dengan regulasi.

Klub-klub Indonesia sempat menggelar pertandingan persahabatan Internasional melawan Selangor FA di Indonesia pada September 2018 lalu.

Pertandingan pertama mempertemukan Madura United vs Selangor FA di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Madura, 4 September. Laskar Sapeh Kerab memetik kemenangan dengan skor 4-1.

Sedangkan laga kedua dilakoni oleh juara Liga 1 2018, Persija Jakarta yang menjamu The Red Giants di Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, 6 September. Kala itu Macan Kemayoran harus tunduk dari tim tamu dengan skor 1-2.

Federasi Sepak Bola Asia (AFC) memberi sanksi kepada PSSI. (AFC)
Federasi Sepak Bola Asia (AFC) memberi sanksi kepada PSSI. (AFC)

 

Dilansir dari laman resmi AFC, Sabtu (20/7/2019), dalam putusannya tertanggal 12 Juli 2019, kedua pertandingan tersebut tak memenuhi kewajiban berdasar pasal 11.10 AFC Regulation Governing International Matches, yang berbunyi:

"Setiap tim yang bertanding harus meminta persetujuan dari federasinya masing-masing. Setelah diterima, tim yang bertanding melapor ke federasi tuan rumah,".

"Federasi tuan rumah harus mengajukan persetujuan kepada AFC selambat-lambatnya dua pekan (14 hari) sebelum laga bergulir,".

Dari rilis tersebut, PSSI dinyatakan bersalah. Masing-masing pertandingan didenda sebesar 1.000 US Dollar. Sehingga total yang harus dibayar PSSI kepada AFC berjumlah 2 ribu US Dollar atau setara Rp 27 juta maksimal 30 hari setelah putusan.

Lebih lanjut, AFC memperingatkan PSSI tak mengulangi kesalahan yang serupa. Jika hal itu dimungkinkan terjadi lagi AFC dapat memberi sanksi yang lebih berat.

Berita Terkait

Berita Terkini