Bolaindonesia

Hasil Liga 1 2019: Gol Telat Persib Batalkan Pesta Kemenangan Persija

Laga Persija Jakarta vs Persib Bandung berakhir imbang 1-1.

Rauhanda Riyantama

Logo Liga 1 2019. [Dok. PT LIB]
Logo Liga 1 2019. [Dok. PT LIB]

Bolatimes.com - Laga klasik yang mempertemukan antara Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Rabu (10/7/2019) berakhir imbang 1-1.

Tidak hanya itu, pertandingan pun berjalan keras. Akibatnya salah seorang pemain Persija Jakarta Novri Setiawan harus diusir oleh wasit di babak kedua.

Persija sempat memimpin lebih dulu lewat gol Marko Simic di menit ke-75. Namun gol Artur Gevorkyan di penghujung laga membatalkan kemenangan Persija.

Hasil ini membuat Persija berada di posisi ke-13 klasemen Liga 1 2019 dengan mengumpulkan 6 poin dari 6 laga. Sedangkan Persib di posisi 12 dengan 7 poin dari 7 laga.  

Jalannya pertandingan

Tiga menit awal, Persija Jakarta selaku tuan rumah sudah mengambil inisiatif menyerag lebih dahulu. Namun, Persib juga tida main gegabah. Mereka begitu rapat menjaga lini belakang.

Layaknya laga panas, duel kedua tim sudah berlangsung keras. Beberapa kali pemain-pemain dari kedua kesebelasan dilanggar keras sehingga wasit harus meniup peluit tanda pelanggaran.

Yogi Rahadian mendapat peluang pada menit enam. Lepas dari kawalan lini belakang Persib, ia berhadapan satu lawan satu dengan M. Natshir. Namun sayang tendangannya masih lemah, sehingga muda diantisipasi.

Persib Bandung gantian mendapat peluang pada menit 10 lewat tendangan bebas Rene Malisic. Namun, tendangan sang pemain masih menyamping di gawang Shahar Ginanjar.

Persija kembali mendapat peluang pada menit 14. Lewat tendangan penjuru yang dilakukan oleh Riko Simanjuntak, mengarah langsung ke Rohit Chand. Namun sayang pemain asal Nepal itu gagal memasukannya ke gawang.

Bruno Matos kembali mendapat peluang menit 19. Sang pemain terlalu lama memainkan bola, yang kemudian melakukan shooting lemah, sehingga bisa diantisipasi penjaga gawang Persib.

Lagi, dan lagi Bruno Matos dapat peluang sangat bagus pada menit 22. Umpan silang dari Yogi Rahadian, tidak bisa dimanfaatkan dengan sempurna oleh pemain asal Brasil tersebut. Skor masih 0-0.

Persib terus dikurung oleh Persija hingga menit 26. Mereka masih kesulitan menembus pertahanan yang dikomandoi oleh Ismed Sofyan dan kawan-kawan.

Bruno Matos kembali mendapat peluang pada menit 28. Lepas dari kawalan setelah menerima umpan Yogi Rahadian, ia kembali gagal membuatnya menjadi gol. Ini peluang keempat Bruno Matos yang gagal berbuah gol.

Bukti duel Persija vs Persib keras terbukti pada menit 32. Penjaga gawang Persib M. Natsir harus dilarikan menggunakan ambulans setelah berbenturan dengan Bruno Matos.

M. Natsir tidak bisa melanjutkan pertandingan sehingga digantikan oleh I Made Wirawan menit 32. Pertandingan berjalan sangat sengit hingga babak pertama berakhir. Namun, skor 0-0 masih bertahan.

Babak kedua, belum banyak perubahan strategi yang dilakukan. Kedua tim masih sama-sama berusaha membobol gawang lawan masing-masing.

Peluang kembali didapat oleh Persija pada menit 50. Namun sayang, Free kick keras Marko Simic mampu dimentahkan I Made Wirawan.

Menit 61, kedua tim sama-sama masih berusaha membobol gawang lawan masing-masing. Akan tetapi, baik Persija ataupun Persib selalu gagal memanfaatkan peluang untuk jadi gol.

Riko Simanjuntak berpeluang mencetak gol pada menit 65. Namun sayang, tendangan Riko masih lemah. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Persib Bandung tampil lebih menekan. Sesekali peluang yang didapatkan oleh Ezechiel membahayakan pertahanan Persija.

Menit 75, gol-gol yang ditunggu oleh Persija akhirnya tiba. Marko Simic melesakkan sundulan keras setelah menerima umpan silang dari Riko Simanjuntak. Persija unggul 1-0.

Persija harus kehilangan satu pemain pada menit 77 setelah Novri Setiawan di kartu merah oleh wasit. Novri terlihat kesal setelah berjibaku dengan Ezechiel. Ia lantas menedang bola ke arah Ezechiel yang lebih dahulu sudah dinyatakan pelanggaran.

Persib hampir saja bisa menyamakan kedudukan pada menit 82. Namun, umpan manis Bojan Malisic gagal dibuat gol oleh pemain Persib yang ada di dalam kotak penalti.

Persib Bandung berhasil menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir pertandingan. Arthur Gevorkyan menyelamatkan Persib dari kekalahan.

Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan. Persija main sama kuat dengan Persib 1-1.

Susunan pemain:

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Tony Sucipto; Bruno Matos (Bambang Pamungkas 62'), Rohit Chand, Novri Setiawan (Red Card 77'); Riko Simanjuntak (Yan Pieter Nasadit 88'), Yogi Rahadian (Feby Eka Putra 66'), Marko Simic

Pelatih: Julio Banuelos (Spanyol)

Persib Bandung (4-5-1); M Natshir (I Made Wirawan 32'); Achmad Jufritanto, Ardi Idrus (Kim Jeffrey Kuniawan 64'), Bojan Malisic, Supardi Nasir; Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi (Artur Gevorkyan 54'), Gian Zola, Hariono, Rene Malisic; Ezechiel N'Douasel.

Pelatih: Robert Rene Alberts (Belanda)

Berita Terkait

Berita Terkini