Bolaindonesia

Taklukkan Madura United, PSM Tantang Persija di Final Piala Indonesia

PSM Makassar menang agresivitas gol tandang atas Madura United.

Galih Priatmojo

Piala Indonesia. [laman resmi PSSI]
Piala Indonesia. [laman resmi PSSI]

Bolatimes.com - Taklukkan Madura United di semifinal Piala Indonesia, Minggu (7/7/2019) petang, PSM Makassar akan menantang Persija Jakarta di partai puncak nanti.

Untuk ketiga kalinya dalam delapan hari terakhir, PSM bentrok dengan Madura United.

Pada akhir pekan lalu, PSM menang 1-0 atas Madura United di Makassar pada laga leg pertama semifinal Indonesia.

Empat hari berselang, kedua tim kembali bentrok, kali ini di lanjutan Liga 1 2019. Madura United yang bertindak sebagai tuan rumah, menang meyakinkan 2-0 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur.

Dan tiga hari setelahnya, tepatnya hari ini, Minggu (7/7/2019), Madura United kembali menjamu PSM di Pamekasan, dalam laga leg kedua semifinal Piala Indonesia.

Madura United sejatinya mampu menang 2-1, namun tim yang musim ini dijuluki Los Galacticos itu harus merelakan tiket final jatuh ke tangan PSM usai kalah agresivitas gol tandang dalam agregat keseluruhan 2-2.

Jalannya Pertandingan

Laga berjalan alot di awal-awal, peluang praktis pun jarang tercipta. Baru pada menit 31, penyerang andalan Madura United, Beto Goncalves dilanggar Beny Wahyudi di kotak terlarang PSM.

Aleksandar Rakic yang maju sebagai eksekutor berhasil menunaikan tugasnya dengan baik, untuk mengonversi penalti tersebut menjadi gol.

Skor 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, kedua tim sama-sama tampil menyerang. PSM sempat dibuat ketar-ketir setelah Madura United kembali mencetak gol.

Menit 58, kerjasama apik Rakic dan Greg Nwokolo mampu diakhiri nama terakhir dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Kiper PSM, Hilman Syah praktis tak bisa berbuat banyak.

PSM kemudian mencoba segala cara untuk mendapatkan gol tandang yang amat-sangat mereka butuhkan. Serangan bergelombang dilancarkan dan pada akhirnya, kerja keras Pasukan Ramang --julukan PSM-- terbayarkan. 

PSM mampu mencuri gol pada menit 83! Aaron Evans yang berdiri di kotak penalti mampu memaksimalkan kemelut di depan gawang Madura United untuk menjadi gol.

Skor kini 2-1 masih untuk keunggulan Madura United. Kedudukan ini sendiri bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Alhasil, PSM unggul agresivitas gol tandang dalam agregat 2-2 dan berhak melaju ke final ajang Piala Indonesia.

Di partai final, PSM akan menantang dengan Persija dalam dua leg  yang akan dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. Laga leg pertama akan digelar pada 21 Juli, sementara leg kedua pada 28 Juli.

Susunan Pemain

Madura United XI: Ridho Djazulie; Rendika Rama, Jaimerson Xavier, Fandry Imbiri, Marckho Sandi; Greg Nwokolo, Zulfiandi, Slamet Nurcahyono, Alfath Faathier; Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic.

PSM Makassar XI: Hilman Syah; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Asnawi Mangkualam; Rasyid Bakri, Marc Klok, Rizky Pellu; Rahmat, Guy Junior, Zulham Zamrun.

Berita Terkait

Berita Terkini