Bolaindonesia

Bantai Persib Bandung, Amido Balde Pencetak Hattrick Kedua di Liga 1 2019

Persebaya tampil perkasa menghadapi Persib Bandung. Amido Balde borong tiga gol di laga tersebut.

Galih Priatmojo

Penyerang Persebaya Surabaya, Amido Balde cetak hattrick saat menjamu Persib Bandung di pekan ketujuh Liga 1 2019, Jumat (5/7/2019). Pada laga tersebut Persebaya menang 4-0. [@officialpersebaya / Instagram]
Penyerang Persebaya Surabaya, Amido Balde cetak hattrick saat menjamu Persib Bandung di pekan ketujuh Liga 1 2019, Jumat (5/7/2019). Pada laga tersebut Persebaya menang 4-0. [@officialpersebaya / Instagram]

Bolatimes.com - Big Match antara duo tim era perserikatan Persebaya Surabaya kontra Persib Bandung di pekan ketujuh Liga 1 2019 berakhir tragis. Maung Bandung dibuat tak berkutik usai digelontor empat gol, tiga gol diborong penyerang Amido Balde.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (5/7/2019), pelatih Persebaya Djajang Nurjaman yang merupakan mantan pelatih Persib, seakan membuat bekas klubnya itu beda kasta dengan strategi yang diterapkan.

Sejak bola digulirkan, Persib sedianya berani bermain terbuka. Akan tetapi keunggulan Persebaya dalam menguasai lini tengah, membuat permainan Bajol Ijo lebih dominan.

Serangan demi serangan dilancarkan hingga akhirnya berbuah di menit 34. Menyambut umpan jauh Hidayat, Amido Balde menanduk bola dengan keras yang bersarang di gawang Maung Bandung yang dikawal Natshir.

Tertinggal satu gol, Persib menanggapinya dengan tekanan intens ke pertahanan Persebaya. Lewat sisi lapangan, peluang coba didapat namun masih belum membuahkan hasil.

Alih-alih menyeimbangkan papan skor, keganasan Persib justru merugikan diri mereka sendiri. Memanfaatkan lengangnya pertahanan Maung Bandung, Amido Balde yang lepas dari kawalan menggandakan keunggulan tuan rumah di menit 44.

Di babak kedua, Persib tak mampu berbuat banyak. 13 menit bola bergulir di paruh kedua pertandingan, gawang Maung Bandung sudah bergetar.

Gol tersebut lagi-lagi diciptakan oleh Amido Balde. Kali ini memanfaatkan assist Irfan Jaya. Persebaya memimpin 3-0.

Dibantai tiga gol, pelatih Persib Robert Rene Alberts mulai gerah dan menarik dua pemain yang dinilai tidak efektif, yaitu Kim Kurniawan dan Febri Hariyadi. Sebagai gantinya, Alberts memasukkan Gian Zola dan Esteban Vizcarra.

Kehadiran Zola dan Vizcarra seakan membawa angin segar bagi Persib. Serangan lebih mudah dibangun dan tim tamu mulai bisa mengimbangi permainan Persebaya di lini tengah.

Sejumlah peluang didapat Maung Bandung, akan tetapi tak satupun yang berhasil dikonversi menjadi gol. Ezechiel dan Mihelic yang kerap mendapat peluang gagal menyarangkannya ke gawang Persebaya yang dikawal Miswar Saputra.

Serangan gencar yang dilakukan Persib bukan berarti tanpa risiko. Memasuki menit 81, gawang Natshir kembali bergetar. Irfan Jaya mengunci kemenangan Bajul Ijo 4-0.

Dengan tambahan tiga poin, Persebaya yang kini mengantongi 11 poin beranjak ke posisi lima. Sementara Persib tertahan di posisi 12 klasemen sementara Liga 1 2019.

Sementara itu, Amido Balde yang memborong tiga gol menjadi pemain kedua yang sukses mencetak hattrick di putaran awal Liga 1 2019 ini. Sedangkan pencetak hattrick pertama ditorehkan gelandang serang Bhayangkara FC, Flavio Beck Junior.

Susunan Pemain:
Persebaya: Miswar Saputra; Novan Setya, Otavio Dutra, Mokhamad Syaifuddin, Ruben Sanadi; Hidayat, Misbakus Solikin, Fandi Eko; Irfan Jaya, Amido Balde, Manuchekhr Dzhalilov.

Persib: Natshir Fadhil; Supardi, Bojan Malisic, Saepuloh Maulana, Ardi Idrus; Kim Kurniawan, Hariono, Rene Mihelic; Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel, Ghozali Siregar.

Berita Terkait

Berita Terkini