Unggul Pemain, PSM Makassar Gagal Menang dari Becamex Binh Duong

PSM Makassar masih punya peluang untuk melaju ke partai puncak Piala AFC 2019.

Galih Priatmojo | BolaTimes.com
Rabu, 19 Juni 2019 | 20:15 WIB
Pelatih PSM Darije Kalezic (kedua kanan) dan pemain Abdul Rahman (kanan) bersama dengan Pelatih Kaya Oloilo FC Noil Marcaida (kedua kiri) pada jumpa pers sehari jelang pertandingan. (Suara.com/ Adie Prasetyo)

Pelatih PSM Darije Kalezic (kedua kanan) dan pemain Abdul Rahman (kanan) bersama dengan Pelatih Kaya Oloilo FC Noil Marcaida (kedua kiri) pada jumpa pers sehari jelang pertandingan. (Suara.com/ Adie Prasetyo)

Bolatimes.com - PSM Makassar gagal mencuri poin saat bertandang ke markas Becamex Binh Duong pada laga leg pertama babak semifinal Piala AFC 2019, Rabu (19/6/2019). Berlaga di Go Dau Stadium, Becamex menang tipis dengan skor 1-0.

Kalah 1-0 di leg pertama, peluang PSM untuk melaju ke partai puncak belum tertutup. Mengingat PSM masih memiliki leg kedua yang akan digelar pada 26 Juni 2019 di Indonesia.

Jalannya Pertandingan

Baca Juga: Ditahan Imbang Madura United, Persebaya Gagal Beri Kado Manis Buat Bonek

Bertandang ke Go Dau Stadium, PSM terlihat bermain sangat hati-hati di awal laga. Bermain dengan tempo lambat, para pemain PSM mencoba untuk mencari celah demi merangsek ke pertahanan Becamex.

Memasuki menit ke-5, Guy Junior mencoba menembus pertahanan tuan rumah dari sisi kanan lapangan. Namun upaya tersebut berhasil digagalkan pemain lawan.

Becamex yang berbalik mengancam mendapat peluang lewat set piece di menit sembilan. Tendangan bebas yang dieksekusi Victor Mansaray sempat memicu kemelut di kotak penalti PSM. Beruntung bagi tim besutan Darije Kalezic, bola liar berhasil dibuang Aaron Evans sebelum sempat disambar pemain tuan rumah.

Baca Juga: Luis Milla Beri Respon Positif Upaya Manchester City Gaet Pemain Ini

Menyambut umpan silang Wiljan Pluim, Zulham Zamrun nyaris mengubah papan skor di menit 13. Sayang bola hasil tandukkan Zulham off target.

Enam menit berselang, tekanan kembali dilancarkan PSM. Lewat eksekusi set piece, bola dilepaskan Marc Klok ke depan gawang Becamex namun tak satupun pemain PSM yang datang menyambut.

Jual beli serangan antara kedua tim terjadi di sepanjang laga. Seperti halnya PSM, lewat sisi kanan lapangan Becamex mencoba meruntuhkan pertahanan tim tamu. Saling ancam, namun kedua tim harus puas menutup babak pertama tanpa gol.

Baca Juga: Hot Mom Olivia Naylor, Si Seksi yang Dituding Bikin Pemain Man City Loyo

Tiga menit bola bergulir di babak kedua, Zulham mendapat peluang untuk memecah kebuntuan. Mendapat ruang, Zulham melepaskan tendangan keras ke gawang Tran Duc Cuong. Sayang bola melebar tipis di sisi kanan gawang lawan.

Lima menit babak kedua berjalan, tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain. Nguyen Trung Tin diusir keluar lapangan setelah menerima kartu kuning kedua menyusul tekel kerasnya terhadap Rasyid Bakri.

Baca Juga: Philippe Coutinho Tolak Manchester United Demi Liverpool

Kalah jumlah pemain, tidak berarti Becamex bermain bertahan. Tim besutan Thanh Son Nguyen justru bermain seperti di babak pertama dengan pressing tinggi. Bahkan tendangan Le Tan Tai nyaris berbuah gol di menit 54.

Memasuki pertengahan babak kedua Le Tan kembali mengancam. Lolos dari kawalan, Le melepaskan tendangan ke gawang. Beruntung bagi PSM, bola masih mampu diamankan Rivki Mokodompit.

Di awal menit 70, Zulham kembali mendapat peluang. Menyambut umpan silang Guy, Zulham menyambar bola. Sayang, bola lagi-lagi tidak tepat sasaran.

Menahan gempuran PSM, peluang didapat Becamex di menit 80. Lewat serangan balik cepat, papan skor akhirnya berubah setelah umpan panjang Le Tan dari tengah lapangan ditanduk Nguyen Tien Linh ke dalam gawang Rivki Mokodompit. Tuan rumah memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, PSM semakin rajin menggedor pertahanan tuan rumah. Gelombang serangan dilancarkan dari berbagai sisi lewat kerjasama Asanawi, Klok dan Eero Makkanen yang baru masuk di menit 87 menggantikan Rizky Pellu, namun tak juga mampu meruntuhkan kokohnya tembok pertahanan Becamex.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 untuk kemenangan tuan rumah tetap bertahan.

Susunan Pemain
Becamex Binh Duong (4-4-2): Tran Duc Cuong; Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Long, Nguten Anh Tai, Ali Rabo; Victor Mansaray, Nguyen Trong Huy, To Van Vu, Dinh Hoang Max; Wander Luiz, Nguyen Anh Duc.
Pelatih: Thanh Son Nguyen

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Marc Klok; Zulham Zamrun, Rahmat, Guy Junior.
Pelatih: Darije Kalezic

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak